Tuesday, 16 Syawwal 1443 / 17 May 2022

IKEA, Toko Perabot dengan Konsep DIY

Selasa 14 Oct 2014 09:30 WIB

Red: Indira Rezkisari

Salah satu pojok toko IKEA Alam Sutera.

Salah satu pojok toko IKEA Alam Sutera.

Foto: Indira Rezkisari/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak seperti toko perabotan barang lainnya, IKEA memiliki konsep DIY alias Do-It-Yourself. Jangan heran kalau pembeli harus mengambil sendiri barang belanjaannya dengan troli, meski itu adalah sebuah lemari.

Alan Buckle, manajer toko IKEA Alam Sutera, Senin (13/10), mengatakan di seluruh dunia konsep IKEA tidak berubah. ''Pelanggan bisa mengambil produk pilihannya sendiri, membawanya pulang sendiri, dan merakitnya sendiri di rumah,'' kata Alan.

Ketika masuk ke dalam toko IKEA, pengunjung akan disodori rak yang berisi kertas daftar belanjaan, meteran kertas, hingga pensil. Barang-barang itu akan membantu pengunjung mencatat barang apa yang disukainya termasuk mengukur panjang dan lebar perabot.

Seusai mencatat pengunjung dipersilakan berkeliling toko terlebih dahulu. Nanti perabotan yang sudah dicatatnya bisa diambil di lorong Layanan Mandiri yang terletak dekat kasir. Jangan bingung bila menemukan tumpukan barang dalam kardus di lorong ini. Karena pengunjung dengan mudahnya bisa mengambil barang sesuai catatan di nomor rak dan nomor deskripsi barang.

Bila pengunjung tak punya banyak waktu, pelayanan ini bisa dilakukan dengan bantuan petugas. Cukup serahkan nomor barang yang ingin dibeli dan petugas akan membawakannya kepada Anda, namun dengan tambahan biaya.

Pikki Aziz, markethall manager IKEA Alam Sutera, mengatakan konsep tersebut membuat harga perabotan bisa ditekan. IKEA dikatakannya sudah lama mengadopsi konsep ini, termasuk membuat perabotannya dengan mudah dirawat.

''Kain sofa kami dengan mudah dicopot sendiri untuk diganti atau dicuci, bahkan beberapa kasur kami kainnya bisa dicuci,'' katanya menerangkan.

Pikki juga mengajak membuka terlebih laman IKEA sebelum mendatangi toko. ''Gali inspirasi dari sana,'' ujarnya.

Di laman ikea.co.id, Anda bisa mengklik 'perencana rumah IKEA' di bagian kanan atas. Dari sana melihat secara virtual apakah barang-barang yang tersedia di IKEA muat secara ukuran atau serasi secara visual dengan ruang di rumah.

IKEA Alam Sutera rencananya akan dibuka untuk umum mulai besok (15/10). Toko dengan bangunan warna biru dan logo kuning ini terletak tak jauh dari Mal Alam Sutera.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA