Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Hati-hati Pilih Tas Punggung untuk Anak, Inilah Tipsnya

Rabu 22 Aug 2012 11:38 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Endah Hapsari

Tas ransel untuk anak

Tas ransel untuk anak

Foto: inhabitots.com

REPUBLIKA.CO.ID, Tas punggung biasa jadi pilihan untuk menjadi tas sekolah anak lantaran praktis dan biasanya memuat banyak alat sekolah. Namun, apakah tas punggung yang Anda pilihkan untuk anak Anda sudah tepat?

American Occupational Therapy Association (AOTA) menyatakan bobot ransel yang berat dapat menyebabkan nyeri punggung bagian bawah pada anak dan akan berlangsung sampai dewasa.

Para AOTA juga merekomendasikan berat isi yang ada dalam ransel tidak boleh melebihi 10 persen dari berat badan anak Anda. Memilih tas ransel dengan baik dapat membantu mendistribusikan berat tas ransel dan isinya secara merata.

Berikut adalah tips bagaimana cara memilih tas punggung yang baik untuk anak yang dikutip dari laman yahoo health

Tali bahu

Sebaiknya, pilih tali bahu tas ransel yang lebar, empuk dan berkontur. Tujuannya untuk membantu mendistribusikan berat di wilayah yang luas dari bahu. Selain itu, jangkar atau pengikat tali bahu harus satu sampai dua inci di bawah bagian atas bahu.

Perhatikan tali di bagian perut

Jika tas punggung atau ransel memiliki tali di bagian perut, tali ini berfungsi untuk mendistribusikan berat secara merata di punggung, pinggang, dan pinggul. Ini membantu mengambil regangan dari otot leher dan bahu. Bagian bawah itu tidak harus lebih dari empat inci melewati pinggang anak Anda. Posisi terbaik bisa mengistirahatkan lengkungan punggung bagian bawah.

Cara pakai terbaik

Cara terbaik untuk anak Anda memakai ransel mereka adalah selalu memakainya menggunakan kedua tali bahu.

Item terberat

Ajarkan anak Anda cara memuat ransel mereka dengan menempatkan item terberat pada bagian tas yang paling dekat dengan tubuh mereka. Anak Anda harus mampu berdiri tegak saat memakainya.

Pertimbangkan beban

Jika memungkinkan, jaga persediaan dan buku tambahan di rumah untuk memastikan beban berat lebih ringan setiap hari.

Perhatikan kualitas

Hal lain yang patut diperiksa sebelum membeli tas ransel anak adalah kualitas barang dari pabrik ini. Yang utama, jahitan harus kuat, tanpa ada benang yang terlepas. Selain itu, resleting harus memiliki tutup untuk melindungi dan mencegah air masuk atau bocor ke dalam tas saat hujan.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA