Thursday, 18 Rabiul Akhir 1442 / 03 December 2020

Thursday, 18 Rabiul Akhir 1442 / 03 December 2020

Usai Diguyur Hujan, Monas Kembali Ramai Pengunjung

Jumat 07 Jun 2019 16:51 WIB

Rep: Mimi Kartika/ Red: Yudha Manggala P Putra

Tugu Monumen Nasional (Monas) yang mulai diramaikan pengunjung pada H+1 Lebaran Idul Fitri 1439 H, Sabtu (16/6).

Tugu Monumen Nasional (Monas) yang mulai diramaikan pengunjung pada H+1 Lebaran Idul Fitri 1439 H, Sabtu (16/6).

Foto: Rahayu Subekti/Republika
Monas salah satu lokasi yang banyak didatangi pengunjung saat libur Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kawasan Monumen Nasional (Monas) menjadi destinasi wisata menghabiskan waktu libur Lebaran. Termasuk pada Jumat (7/6). Meski sempat diguyur hujan deras, Monas kembali ramai pada sore hari.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, sekitar pukul 15.00 WIB, lapangan Monas memang terlihat sepi. Hanya tampak beberapa orang berjalan kaki di tengah guyuran hujan serta orang-orang yang berada di tugu Monas.

Namun, kondisi berbeda setengah jam setelahnya ketika hujan berhenti. Sejumlah warga yang ramai dari pintu dekat Stasiun Gambir dan pintu lainnya berjalan menuju tugu Monas.

Cuaca pun kembali cerah karena awan hitam dan kabut pergi yang sebelumnya terlihat di atas puncak Monas. Sehingga lapangan Monas kembali diramaikan orang-orang baik yang baru datang maupun mereka yang hendak pulang.

Salah satunya pengunjung Monas ialah keluarga Rusdiantoro (41) asal Tangerang, Banten. Bersama istri dan ketiga anaknya tiba di Monas sebelum waktu ashar saat hujan deras. Alhasil selama setengah jam, mereka harus menunggu di dalam mobil.

"Iya tadi jam tiga-an datang, hujan gede. Ada kali setengah jam nunggu di mobil," ujar Rusdi kepada Republika.co.id.

Kendati demikian, hujan tak menghalanginya untuk menikmati liburan di Monas bersama keluarga. Menurutnya, Monas sangat luas sehingga cocok untuk liburan membawa putra kecilmya yang baru berusia tiga tahun.

Kunjungannya kali ini juga yang kedua kalinya. Ia mengaku tak bosan menjadikan Monas sebagai daftar tempat wisata yang dikunjungi saat libur Lebaran tahun ini.

"Anak-anak bebas di sini luas, dekat juga dari rumah, murah lagi. Enggak usah jauh-jauh ya," kata Rusdi.

Ia menceritakan, sebelum ke Monas, keluarga Rusdi sudah mengunjungi Ragunan. Ia mengatakan, kondisi kebun binatang itu tak sepadat saat ia mengunjunginya pada libur Lebaran tahun lalu.

Menurut Rusdi, hal itu lantaran ini hari Jumat. Tak berhenti di Monas, mereka juga berencana akan melanjutkan liburan ke kawasan Kota Tua.

Berdasarkan data Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas, dari pukul 05.00 sampai 15.00 WIB tercatat 46.711 orang. Sementara dari jumlah tersebut, 6.500 diantaranya memasuki Tugu Monas.

"Jumlah pengunjung yang memasuki kawasan Monas dari pukul 05.00 sampai dengan 15.00 berjumlah 46.711 orang," ujar Kepala UPK Monas Munjirin kepada Republika.

Ia menambahkan, walaupun hujan Monas akan tetap buka. Untuk hari ini, Monas dibuka hingga pukul 22.00 WIB.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA