Jumat 21 Dec 2018 05:00 WIB

Tips Berkendara Aman Saat Liburan

Waspadai cuaca Desember yang memiliki curah hujan tinggi.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Melakukan perjalanan dengan mobil.
Foto: pixabay
Melakukan perjalanan dengan mobil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Akhir tahun kerap menjadi saat paling disukai untuk berlibur bersama keluarga atau sekadar mengunjungi kerabat terdekat di luar kota. Saat ini, berkendara dengan mobil masih menjadi salah satu pilihan utama sebagian besar orang untuk mengantar mereka ke tempat tujuan.

Memahami hal tersebut, Chevrolet Indonesia menghadirkan beberapa tips yang harus diperhatikan agar perjalanan Anda semakin menjadi lebih aman dan menyenangkan. External Affairs and Communications Director GM Indonesia, Yuniadi Haksono Hartono mengatakan, keselamatan senantiasa menjadi prioritas utama bagi Chevrolet.

"Di Desember, curah hujan di sebagian besar wilayah di Indonesia biasanya tinggi dan hal ini menyebabkan jalanan terkadang menjadi licin, tergenang, bahkan banjir. Oleh karena itu, kewaspadaan dan perhatian ekstra sangat diperlukan oleh pengemudi untuk mendukung terciptanya keamanan dan kenyamanan selama perjalanan," ujar Yuniadi dalam keterangannya kepada Republika.co.id, Kamis (20/12).

 

Berikut adalah beberapa tips berkendara dengan aman.

Rencanakan rute perjalanan Anda

Dengan begitu, Anda dapat menghindari rute-rute yang macet atau tidak bisa dilalui akibat tergenang air atau sebab lainnya. Dengan merencanakan rute perjalanan maka Anda juga akan menghindarkan diri dari tersesat di jalan.

Sabuk pengaman

Kenakan sabuk pengaman setiap saat, terlepas dari apakah Anda bepergian antar kota atau di dalam kota.

Kursi anak

Gunakan kursi keselamatan anak (car seat) untuk bayi dan anak kecil. Menempatkan anak di pangkuan atau memakaikan sabuk pengaman orang dewasa kepada anak-anak dapat membahayakan mereka.

photo
Ketika berkendara anak seharusnya diletakkan di bangku tengah dan dengan bangku khusus.

Gunakan lampu kendaraan pada saat yang tepat

Selalu gunakan lampu sign ketika akan berbelok dan jangan menyalakan lampu sorot tinggi kecuali diperlukan. Gunakan lampu hazard hanya pada kondisi darurat dan hindari penggunaan yang bukan pada tempatnya, yakni menyalakan lampu besar pada saat hujan atau di dalam terowongan, bukan lampu hazard.

Pastikan Anda berkendara dalam kondisi fit

Istirahatlah yang cukup atau tidur terlebih dahulu. Bila Anda melakukan perjalanan panjang, berhentilah setiap dua jam untuk beristirahat dan lakukan senam ringan. Menurut National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), risiko kecelakaan dari berkendara saat mengantuk dinilai setara dengan risiko yang dihadapi pengendara saat mabuk akibat alkohol.

Siap siaga menghadapi kejadian tidak terduga

Berhati-hati terhadap mobil yang diparkir di sepanjang sisi jalan atau sepeda motor dan pejalan kaki yang tiba-tiba bergerak ke arah jalan raya.

Waspadai cuaca

Pada Desember dengan potensi curah hujan yang semakin tinggi. Tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan hujan seperti banjir, tanah longsor, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Amati batas kecepatan

Berikan waktu yang cukup untuk sampai ke tujuan Anda dengan tepat. Berkendaralah dengan kecepatan yang normal dan hindari menyalip saat melintasi jalur untuk melewati kendaraan lain dalam perjalanan.

Bawa perlengkapan kondisi darurat

Perlengkapan darurat, seperti kotak P3K, dongkrak, ban cadangan, lampu cadangan, senter, kunci-kunci atau tool kit lainnya sebagai tindakan antisipasi selama perjalanan.

Pastikan perjalanan Anda tetap menyenangkan

Perjalanan saat libur panjang sangat menguras tenaga dan emosi karena kemacetan lalu lintas dan memakan waktu hingga berjam-jam. Maka dari itu, pastikan perjalanan Anda tetap terhibur dengan games. Sediakan juga makanan ringan dan minuman yang cukup agar penumpang tak kelaparan, serta dehidrasi dalam perjalanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement