Sunday, 16 Sya'ban 1440 / 21 April 2019

Sunday, 16 Sya'ban 1440 / 21 April 2019

Ada Mobil VW Kuno di Candi Borobudur

Senin 05 Nov 2018 19:57 WIB

Red: Didi Purwadi

Candi Borobudur dan kawasan sekitarnya terlihat dari Punthuk Setumbu, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Candi Borobudur dan kawasan sekitarnya terlihat dari Punthuk Setumbu, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Foto: Antara/Sigid Kurniawan
VW Safari untuk tur wisatawan ke beberapa titik di sekitar kawasan Candi Borobudur.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Mobil VW Safari terbuka (open cab) kuno kini hadir di Candi Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dan sekitarnya. Kehadirannya menjadi daya tarik baru bagi wisatawan domestik dan mancanegara yang melancong ke candi tersebut.

Koordinator VW Wisata Borobudur, Apollo Widhiantmoko Banuaji, mengatakan wisata mengendarai mobil VW Safari diminati para wisatawan. Mobil yang pada tahun 1980-an dikenal sebagai mobil dinas camat tersebut dimodifikasi dengan cat warna-warna mencolok untuk tur wisatawan ke beberapa titik di sekitar kawasan Candi Borobudur.

Apollo mengatakan wisata VW menawarkan beberapa paket wisata kepada para wisatawan, antara lain paket 'tilik desa' dengan rute Candi Borobudur ke beberapa Balai Ekonomi Desa (balkondes), wisata edukasi dengan mengunjungi sejumlah UMKM sejumlah desa di sekitar kawasan Borobudur. Selain itu, katanya wisata di luar kawasan Borobudur dengan tujuan antara lain wilayah Salam, Merbabu, dan Sumbing.

''Wisata di luar kawasan Borobudur, antara lain wisatawan dapat menikmati hutan rakyat, hutan pinus, rumah juang A. Yani di Candimulyo,'' katanya.

Ia mengatakan paket wisata tersebut dengan biaya per unit mobil antara Rp 150 ribu hingga Rp 450 ribu. VW wisata saat ini mempunyai 70 anggota, yakni 30 unit beroperasi di kawasan Borobudur dan sisanya beroperasi di luar kawasan Borobudur.

Menurut dia, hari-hari ramai wisatawan yang memanfaatkan wisata VW, yakni pada liburan akhir pekan dan libur nasional.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA