Selasa, 14 Safar 1440 / 23 Oktober 2018

Selasa, 14 Safar 1440 / 23 Oktober 2018

Malang Bersiap Menjadi Destinasi Wisata Halal

Jumat 05 Okt 2018 00:10 WIB

Red: Nidia Zuraya

Jatim Park, salah satu obyek wisata di Malang, Jawa Timur.

Jatim Park, salah satu obyek wisata di Malang, Jawa Timur.

Foto: Republika/Endah Hapsari
Kota Malang akan mendeklarasikan menjadi destinasi wisata halal pada 10 Okober 2018

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pemerintah Kota Malang siap menjadikan daerahnya menjadi salah satu destinasi wisata halal di Indonesia. Dengan penetapan ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Malang.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan saat ini dalam tahap persiapan akhir untuk beberapa sektor antara lain kuliner dan perhotelan. Setelah itu siap mendeklarasikan Kota Malang sebagai destinasi wisata halal.

"Pada 10 Oktober 2018, Kota Malang akan mendeklarasikan bahwa Malang menjadi destinasi wisata halal," ujar Sutiaji, seusai Rapat Paripurna Pembacaan Visi Misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang, di DPRD Kota Malang, Kamis (4/10).

Sutiaji menjelaskan keinginan untuk mendeklarasikan Kota Malang sebagai salah satu destinasi wisata halal sesungguhnya sudah digagas sejak dua tahun lalu. Namun, saat itu, Kota Malang kalah bersaing dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menurut Sutiaji, untuk sektor kuliner halal, pengembangan yang akan dilakukan Pemerintah Kota Malang adalah kuliner vegetarian. Pemilihan menu vegetarian atau tanpa daging tersebut, menjamin halalnya produk yang akan dijual untuk wisatawan yang mencari produk halal.

"Untuk hotel halal, bukan syar'i. Hotel halal itu ada arah Kiblat di setiap kamar, tersedia Alquran. Sementara untuk kuliner, nanti vegetarian yang halal, aman, dan sehat," ujar Sutiaji.

Selain itu, pengembangan wisata halal di Kota Malang juga akan dilakukan untuk pasar tradisional, dan mal. Berdasar catatan, sejumlah daerah wisata halal di Indonesia adalah Nusa Tenggara Barat, Aceh, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, dan Sumatera Selatan.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES