Sunday, 8 Zulhijjah 1439 / 19 August 2018

Sunday, 8 Zulhijjah 1439 / 19 August 2018

Berkunjung ke Restoran Robot di India

Senin 13 August 2018 06:54 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Dwi Murdaningsih

Robot melayani pengunjung restoran di Chennai.

Robot melayani pengunjung restoran di Chennai.

Foto: alarabiya
semua robot ini memang diimpor dari Cina dan Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, TAMIL NADU -- Restoran di seluruh dunia terus berinovasi untuk memenuhi tuntutan pelanggan generasi milenial. Restoran di India pun tidak mau kalah saing dengan negara-negara seperti Singapura, Jepang, Cina, Bangladesh dan beberapa negara barat lainnya.

Dilansir dari Alarabiya, Ahad (12/8) beberapa bulan terakhir anak-anak muda di Tamil Nadu, India berhasil memadukan teknologi robot dengan masakan. Ya, di Tamil Nadu kini terdapat 'dua restoran robot'. Pertama di Chennai dan kemudian di Coimbatore.

Pada bulan April tahun lalu, BoB - prototipe robot yang dirancang India, didirikan oleh VR Mall dan didemonstrasikan di banyak restoran Bangalore sebagai preseden untuk mengeksplorasi penggunaan robot dalam teknik penyajian makanan.

'Robot-restoran' dibuka di Chennai pada pertengahan November tahun lalu dan mengklaim dirinya sebagai restoran robot yang pertama di India. Restoran yang sebelumnya disebut MOMO diluncurkan kembali oleh rekan pemilik Venkatesh Rajendran dan Karthik Kannan dalam tema robot untuk memberikan pengalaman baru kepada pelanggan mereka.

photo

Robot melayani pengunjung restoran di Chennai.

“Saya ingin mendirikan restoran yang berbeda dari yang lain. Jadi, saya datang dengan konsep robot inovatif sebagai pelayan. Restoran bertema robot di Chennai ini menggunakan empat 'pelayan robot' untuk melayani 70 pengunjung yang duduk," kata Venkatesh Rajendra kepada Al Arabiya.

Mengikuti keberhasilan usaha perintis mereka, restoran robot waralaba lainnya dibuka di kota tekstil Coimbatore pada bulan Juli tahun ini melayani 140 orang dan menggunakan 8 'robot pelayan'.

Namun begitu, semua robot ini memang diimpor dari Cina dan Jepang di mana Venkatesh Rajendran juga menjalani pelatihan teknis robot untuk mempelajari operasi, perbaikan dan pemrograman mereka. Venkatesh menyebut respon terhadap restoran-restoran ini sangat luar biasa.

photo

Robot dilengkapi dengan sensor mata.

“Yang di Chennai melayani masakan Cina, India, dan Thailand sementara Coimbatore melayani selera multi-masakan. Ada rencana untuk membuka gerai waralaba lain di Bangalore dalam beberapa bulan mendatang," kata dia.

Menurut Venkatesh robot tersebut dioperasikan dengan baterai dan dapat dikendalikan oleh sensor. Setiap pelayan robot diprogram untuk membawa nampan makanan dari dapur ke meja pelanggan yang ditunjuk dan mengembalikan piring kotor ke dapur.

'Pelayan dan pelayan robot' ini berpakaian elegan dan bergerak di jalur yang telah ditentukan di seluruh restoran; menghentikan setiap kali rintangan ditemui.

Sensor mata mereka mencerminkan gangguan ketika dihalangi secara tidak perlu dan mereka menyuarakan permintaan mereka untuk menjaga jalur mereka tetap jelas. Robot-robot ini mengerti bahasa Inggris dan Tamil dan diprogram untuk dengan gembira menyambut para pengunjung di meja mereka.

Kedua restoran tersebut memiliki suasana yang remang-remang dengan tokoh-tokoh neon robot yang dilukis di dinding di sekitar restoran; memuji tema robot mereka secara mencolok.

Setiap meja, di dua restoran ini memiliki tablet ponsel yang menampilkan menu di mana pelanggan dapat menempatkan pesanan mereka yang terhubung ke dapur. Para koki di dapur menyiapkan pesanan dan menempatkan mereka pada pelayan humanoid yang penuh dengan nampan yang membawa mereka ke meja masing-masing.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES