Rabu, 6 Rabiul Awwal 1440 / 14 November 2018

Rabu, 6 Rabiul Awwal 1440 / 14 November 2018

Berburu Indahnya Sunset di Waduk Jatiluhur

Ahad 24 Jun 2018 15:28 WIB

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Rahmat Santosa Basarah

 Berburu Indahnya Sunset di Waduk Jatiluhur

Berburu Indahnya Sunset di Waduk Jatiluhur

Spot sunset dengan view bendungan, tentunya sangat langka.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA - Waduk Ir H Djuanda, yang berada di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, sudah sangat termashur di Jawa Barat maupun di Indonesia. Waduk terbesar di provinsi penyangga ibu kota ini, memang sudah menjadi objek wisata sejak dulu kala.  Saat berkunjung  ke waduk buatan tersebut, wisatawan banyak yang  berburu indahnya pemandangan sunset atau matahari terbenam di waduk ini.

Ulia Hidayat (36 tahun), ibu rumah tangga asal Kecamatan Pusakanagara, Subang, mengaku, dirinya sengaja datang jauh-jauh dari Subang ke Purwakarta, untuk berwisata ke Waduk Jatiluhur. Apalagi, di media sosial ramai dikabarkan objek wisata ini menyuguhkan spot yang sangat instagramable. Terutama saat senja hari. "Katanya di Waduk Jatiluhur ini ada spot yang sangat bagus untuk berswafoto saat sunset. Jadi, kami penasaran," ujar ibu dua anak ini, kepada Republika, Ahad (24/6).

photo

salah satu sudut menarik di Waduk Jatiluhur

Ternyata lanjut Ulia, lokasi yang cocok berburu sunset tersebut berada di Istora Jatiluhur. Istora berada di kawasan objek wisata Grama Tirta. Lokasinya, sekitar dua kilometer dari pintu gerbang utama. Di area ini, pengunjung bisa berswafoto di sejumlah titik yang telah disediakan. Seperti, di anjungan kapal buatan, taman bermain di bibir waduk, serta di sekitar rumah terapung yang ada di kawasan tersebut. "Kata petugasnya, jika kita ingin berfoto saat sunset, posisinya berada di anjungan kapal ataupun taman buatan persis di depan morning glory," ujar Ulia. Karena itu, Ulia bersama suami dan kedua anaknya, tidak akan pulang dulu ke Subang, sebelum mendapatkan angle foto yang bagus. Dirinya akan berada di objek wisata ini sampai petang.

Sementara itu, General Manager Pariwisata dan AMDK PJT II Jatiluhur, Dadang Hidayat, mengatakan area Waduk Jatiluhur ini memiliki luas sekitar 8.300 hektare. Dari kawasan itu, ada sejumlah spot wisata unggulan. Seperti, Jatiluhur Water Word, bendungan serta yang terbaru yaitu Istora. "Sebenarnya dari dulu istora sudah ada. Tapi baru ditata menjadi lebih cantik sejak beberapa tahun terakhir," ujarnya.

Saat ini, seiring dengan kemajuan teknologi dan trend kebiasaan masyarakat, pihaknya juga turut menyediakan spot yang instagramable. Yaitu, kawasan istora. Bahkan, bila cuaca bagus, pengunjung bisa berburu sunset di lokasi tersebut. Sunset dengan pemandangan waduk, belum ditemukan di objek wisata lainnya di Purwakarta. Karena itu, pada musim libur lebaran dan sekolah ini, pihaknya berupaya menarik perhatian pengunjung. Salah satunya dengan menjual keindahan alam.

photo

Jumlah pengunjung terus bertambah di Waduk Jatiluhur ini

"Kalau wahana air, itu sudah sangat banyak. Bahkan sekarang banyak yang baru di Purwakarta," ujarnya. Namun spot sunset dengan view waduk, tentunya sangat langka. Karena itu, pihaknya terus melakukan penataan di lokasi ini. Supaya, menarik perhatian pengunjung. Bahkan sejak 15 Juni kemarin sampai hari ini, kunjungan wisatawan ke Waduk Jatiluhur mencapai 40 ribu pengunjung. N Ita Nina Winarsih (ita)

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Semangat Adul Menuntut Ilmu (2)

Selasa , 13 Nov 2018, 23:56 WIB