Kamis, 7 Syawwal 1439 / 21 Juni 2018

Kamis, 7 Syawwal 1439 / 21 Juni 2018

Unggah Foto di Situs Kuno, Blogger Dibanjiri Hujatan

Rabu 13 Juni 2018 00:08 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari

Reruntuhan Pompeii di Yunani.

Reruntuhan Pompeii di Yunani.

Foto: EPA
Masih banyak pelancong yang tidak memahami etika liburan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang travel blogger asal Belgia dibanjiri hujatan dari warganet karena mengunggah foto saat sedang berada di sebuah situs kuno di Italia. Foto yang diunggah dinilai tidak sopan dan tidak menghargai peninggalan bersejarah.

Dilansir Travel and Leisure, blogger yang dikenal dengan nama Nils Travel di media sosial mengunggah sebuah foto pada 1 Juni lalu. Foto tersebut menunjukkan dia tengah duduk di atas salah satu pilar Pompeii.

Meski terkesan sepele, menaiki situs-situs bersejarah dengan cara serupa itu bukan hanya tidak menghargai peninggalan tetapi juga sangat dilarang. Setelah unggahannya itu, sontak kolom komentar si blogger dibanjiri hujatan para warganet.

Dia bahkan menerima sejumlah ancaman pembunuhan karena ulahnya terhadap situs kuno itu. Peneliti area situs Vincenzo Marasco mengungkapkan gagasannya terhadap aksi blogger itu melalui Facebook.

"Kerapuhan peninggalan sejarah harus kita lindungi," ujar Marasco.

Menurut Daily Mail, foto yang diunggah travel blogger itu pertama kali disertai dengan tulisan, "Telah ditemukan sebuah area kecil tanpa penduduk! Artinya, tidak akan ada yang berteriak padaku! Tepat seperti yang kubutuhkan!"

Namun tidak berapa lama, tulisan tersebut dihapus dari Instagram. Sedangkan di Facebook, blogger itu mengubahnya dengan tulisan yang berisikan permintaan maaf. Dia kemudian mengajak para pengikutnya berdonasi untuk proyek pemeliharaan situs Pompeii.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES