Thursday, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Thursday, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Lebaran Ancol Hadirkan Kampung Betawi

Ahad 17 Jun 2018 03:27 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani

Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol

Foto: noppen.com.cn
Acara akan berlangsung mulai 15 Juni hingga 31 Agustus

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Menyambut Hari Ulang Tahun Jakarta yang berdekatan dengaan perayaan libur Lebaran, Ancol akan menghadirkan kampung Betawi. Letaknya akan berada di kawasan Pasar Seni.

"Di Pasar Seni ini akan diperlihatkan semua Identitas Betawi yang dibuat dalam bentuk kampung, semua hal tentang Betawi ada di sini," ujar General Manager Ancol Taman Impian Sunarto.

Acara yang akan berlangsung mulai 15 Juni hingga 31 Agustus ini akan mengadakan berbagai pentas dan hiburan yang berhubungan dengan kesenian Betawi. Nantinya juga, akan dibuat Wall of Fame sejarah Betawi yang berisikan tentang perkembangan DKI Jakarta selama ini.

Di samping mengadakan "Ancol Kampung Betawi Festival", Ancol pun membuat "Ancol Nusantara Festival" yang berlokasi di Pantai Lagoon. Acara itu berlangsung sejak 15 Juni hingga 15 Juli.

"Acara di sini akan beragam, termasuk untukmenyambut perhelatan Asian Games dan ulang tahun DKI," kata Sunarto.

Dalam acara tersebut, setiap harinya akan ada hiburan yang berbeda-beda ssesuai tema. Seperti penyambutan Asian Games dengan "Aquatic Freestyle Show" yang memang memperlihatkan cabang olahraga di perlombaan tersebut.

"Kami memang membuat acara yang lebih panjang mengingat setelah libur Lebaran itu dilanjutkan dengan libur anak sekolah," ujar Sunarto.

Untuk menunjang acara-acara tersebut Ancol Taman Impian pun fokus memperbaiki layanan untuk menyambut liburan Lebaran. Salah satu yang terbaru dengan menghadirkan pasukan berpakaian orange yang siap membantu pengunjung.

Sunarto menjelaskan, pasukan ini akan bertugas untuk menjawab setiap pertanyaan pengunjung yang berada di Ancol. Mereka merupakan orang-orang yang berkompeten untuk menjawab tentang seluk-beluk Ancol selama Lebaran.

"Kami sengaja pilih warna orange sebab mencolok dan segar. Orang kadang ragu bertanya pada petugas keamanan, dengan petugas orange ini akan lebih mendekatkan," ujar Sunarto.

Ancol akan mempersiapkan minimal 30 orang setiap harinya untuk bertugas sebagai pasukan orange. Mereka akan ditempatkan di sentral parkir, shalter, dan pusat keramaian.

Di samping pembuatan tim khusus, Ancol pun menambah personil dan fasilitas menyambut momen Lebaran. Untuk petugas keamananakan berjumlah 266 orang yang awalnya hanya77 orang. Belum lagi tambahan personil dari Polisi dan DLLAJ yang akan ikut diperbantukan.

Selain itu, penambahan petugas kebersihan yang awalnya 266 orang akan ditambah 98 personil lagi. Hal ini melihat dengan pertambahan pengunjung maka akan ada penambahan volume sampah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES