Tuesday, 4 Zulqaidah 1439 / 17 July 2018

Tuesday, 4 Zulqaidah 1439 / 17 July 2018

Hal Ini Dirahasiakan Pilot dari Penumpang (1)

Ahad 15 April 2018 07:43 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri

Kapten pilot (ilustrasi)

Kapten pilot (ilustrasi)

Foto: ABC News
Profesi menuntut keahlian dan skil dalam mengemudikan pesawat.

REPUBLIKA.CO.ID, Pilot memiliki tanggung jawab besar karena menyangkut kehidupan ratusan penumpang. Profesi menuntut keahlian dan skil dalam mengemudikan pesawat.

Ada banyak suka duka menjadi pilot, namun hal terpenting adalah memastikan seluruh penumpang menikmati penerbangannya dengan nyaman.

ROLers, berikut adalah 12 rahasia pilot yang mungkin tak pernah dikatakannya pada penumpang di dalam pesawat. Ada baiknya Anda membaca dan mengetahuinya sendiri, dilansir dari List25.

1. Pilot tak tahu banyak soal bandara

Pilot mungkin saja berseragam, tapi bukan berarti dia tahu segalanya tentang bandara. Seorang pilot mungkin sudah menjejakkan kaki di puluhan bahkan ratusan bandara berbeda. Namun, jika ada penumpang bertanya tentang bandara tertentu padanya, sang pilot lebih banyak tidak tahu.

2. Pilot juga bisa lelah

Peraturan kerja yang ketat memungkinkan seorang pilot bertugas hingga 16 jam tanpa istirahat, sama seperti seorang sopir truk. Bedanya, jika sopir truk mengantuk, maka dia bisa menepi di rest area untuk istirahat sejenak, sedangkan pilot tidak bisa menepi di awan.

3. Selalu melepas topi dalam pesawat

Anda selalu melihat pilot memakai topi. Akan tetapi, jika berada di kokpit pesawat, pilot tak pernah memakai topinya. Mereka akan selalu menggunakan headset berukuran besar.

4. Tidur saat pesawat terbang

Apakah pilot pernah tidur saat menerbangkan pesawat? Pasti. Kadang-kadang mereka tidur sebentar sekitar 10 menit. Yang jelas, pilot pasti pernah tidur ketika menerbangkan pesawat.

5. Udara dalam pesawat

Aliran udara dalam pesawat bergerak dari depan ke belakang. Jadi, semakin ke depan Anda duduk, semakin segar udara yang Anda dapatkan. Udara terpanas biasanya berada di bagian belakang pesawat.

6. Jendela harus dibuka menjelang lepas landas dan mendarat

Pramugari senantiasa meminta penumpang membuka penutup jendela. Tujuannya, supaya pramugari bisa melihat sewaktu-waktu bagaimana keadaan di luar sana, apakah darurat, di sisi mana sebaiknya melakukan evakuasi penumpang, dan sebagainya. Ini juga bertujuan agar cahaya matahari masuk ke kabin pesawat dan membantu penumpang cepat dievakuasi jika pesawat dalam keadaan membalik atau berguling.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES