Thursday, 18 Rabiul Akhir 1442 / 03 December 2020

Thursday, 18 Rabiul Akhir 1442 / 03 December 2020

Libur Lebaran, Warga Tegal Padati Pantai Alam Indah

Sabtu 09 Jul 2016 09:04 WIB

Rep: Kabul Astuti/ Red: Winda Destiana Putri

Pantai Alam Indah, Tegal

Pantai Alam Indah, Tegal

Foto: Panoramio

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Berbagai objek wisata mengalami lonjakan jumlah pengunjung selama hari raya Idul Fitri 2016. Salah satunya, Pantai Alam Indah Tegal, yang berlokasi di Kota Tegal, Jawa Tengah. Pantai ini ramai dikunjungi masyarakat selama libur hari raya Idul Fitri.

Lokasinya yang gampang diakses pantai ini menjadi destinasi favorit bagi warga Tegal saat libur lebaran. "Pantai Tegal ini murah untuk kalangan masyarakat Kota Tegal di saat-saat musim liburan atau pascalebaran. Santai dan murah meriah," kata salah satu pengunjung, Arif Ade (42 tahun), kepada Republika, Jumat (8/7).

Pantai Alam Indah merupakan salah satu di antara deretan pantai utara Jawa, tak jauh dari pelabuhan Tegal. Lokasinya cukup mudah dijangkau.

Pengunjung dari arah Jakarta dapat berkendara ke Jalan Yos Sudarso dari sebelah kiri jalan, kemudian masuk ke gerbang Pantai Alam Indah Tegal. Hanya perlu jalan kaki sekitar satu kilometer, pengunjung sudah dapat mencapai tempat ini.

Arif sudah berulang kali datang ke Pantai Alam Indah. Lantaran tak mudik, Arif memilih meluangkan waktu untuk menikmati libur lebaran bersama keluarga. Warga asli Tegal ini datang bersama kerabatnya yang berkunjung dari Bogor. Sementara dia bersantai menikmati jajanan, anak-anaknya asyik berlarian di bibir pantai.

Tiket retribusi, parkir, dan harga makanan di pantai ini cukup terjangkau. Datang mengendarai mobil bersama rombongan keluarga besarnya, Arif menuturkan, ia hanya dikenai ongkos Rp 15 ribu. Uang parkir mobil Rp 5 ribu, sedangkan tiket untuk satu mobil Rp 10 ribu.

Pantai ini masih cukup indah dan asri, meski banyak pengunjung memadati lokasi. Arusnya tidak deras sehingga memungkinkan pengunjung berenang di pantai. Beberapa kapal tongkang di lepas pantai menjadi suguhan pemandangan menarik lain. Pengunjung juga dapat menyewa perahu untuk menikmati panorama dari lepas pantai.

Banyak pedagang makanan membuka warung-warung tenda di tepi pantai. Pengunjung dapat menemukan beberapa kuliner asli Tegal seperti nasi ponggol, lontong, buah cermai, dan rumput laut yang dijual dengan harga murah meriah.

Tempatnya yang cukup representatif membuat Pantai Alam Indah selalu ramai pada musim lebaran atau akhir pekan. "Cuma kebersihannya kurang. Tempat sampah tidak banyak," ungkap Arif.

Andai saja pengelola menambahkan lebih banyak titik-titik tempat sampah, Pantai Alam Indah tampaknya bakal lebih sedap dipandang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA