Saturday, 9 Syawwal 1439 / 23 June 2018

Saturday, 9 Syawwal 1439 / 23 June 2018

Tour de Bintan Berhasil Dongkrak Pamor Pulau Bintan

Ahad 03 April 2016 20:36 WIB

Red: Heri Ruslan

Tour de Bintan

Tour de Bintan

Foto: TourDeBintan.com

REPUBLIKA.CO.ID, BINTAN – Perhelatan Tour de Bintan yang digelar sejak 2009 telah membuat Pulau Bintang kian populer sebagai destinasi sport tourism. Tak hanya itu, amenitas di pulau yang hanya berjarak 30 menit dari Singapura itu juga kian kaya, seiring bertambahnya jumlah hotel, resort, convention center, resto, café, golf course.

“International Tour de Bintan yang dihelat sejak 2009 lalu, membuat Bintan menjadi destinasi sport tourism popular di Singapore,” ujar Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam keterangannya, Ahad (3/4). Bintan telah menjadi destinasi favorit wisatawan asal negeri Singa Putih. Malah, wistawan Nusantara tidak tahu terlalu banyak yang tahu tentang Bintan.

“Sporttainment” gabungan antara sport tourism dan entertainment telah menjadi brand Bintan. Dengan jalan yang mulus di semua tempat, lalu 3A –akses, atraksi, dan amenitas—sudah lebih maju, membuat Bintan tumbuh menjadi surga pariwisata. Tak heran bila Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2015 Bintan yang mencapai Rp 100 miliar lebih itu, sekitar 60 persen disumbang dari pariwisata.

“Lokasinya yang dekat Singaura, seolah menjadi halaman bermain bagi orang yang berada di Singapura, bukan hanya orang-orang Singapura,” ungkap Menpar. Kini, banyak pengembang internasional yang membangun amenitas baru di sana. Ada Bintan Resorts yang menguasai daerah wisata di utara Pulau Bintan. Di situ ada kawasan Treasure Bay, Lagoi. Wisatawan bisa enjoy menikmati alam hutan bakau di sana.

Di sudut lainnya, ada Lagoi Plaza. Inilah mal satu-satunya di Pulau Bintan dengan fasilitas rumah makan, pertokoan, dan pasaraya. Tempatnya di sebelah Hotel Swiss-Bel. Kawasan ini bakal diformat seperti Bali-nya Kepulauan Riau. Daerahnya  bersih, modern, dan satu-satunya pantai di Indonesia yang sudah disentuh dengan landscape yang wow.

Pantai-pantai di Lagoi banyak dikelola resort, kawasan di sekelilingnya pun ditata rapi. Tidak ada yang liar. Yang istimewa, adanya gerbang finish etape I ajang Tour de Bintan 2016. Belum lagi Treasure Bay, kota resort tepi pantai terpadu yang dibangun dengan luas 338 hektare di Pulau Bintan. Inilah tempat liburan yang menyenangkan di Bintan. Sangat cocok dijadikan tempat tinggal dan commercial real estate dengan standar internasional.

Dengan tagline “A Gem of Possibilities”, Treasure Bay Bintan memberikan banyak peluang untuk menjadi yang pertama di Asia. Lokasinya, hanya 45 menit dari Singapura dengan menggunakan kapal ferry. Dan hanya 75 menit atau bahkan kurang dari Bandara Raja Haji Fisabilillah dengan mobil.

“Jangka panjangnya kami akan buat destinasi wisata yang aman dan nyaman di Bintan. Sekarang kami sedang berusaha keras menggapai itu semua,” terang Bupati Bintan Apri Sujadi, yang didampingi Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bintan, Luki Zaiman Prawira. Nyamannya destinasi wisata di Lagoi membuat 800 rider yang tampil di prolog Tour de Bintan 2016, Jumat (1/4) sore, tampak gembira.

“Matahari bersinar terus sepanjang hari. Jalannya juga bagus. Belum lagi hembusan angin dari laut dan panorama hutan bakau di sepanjang jalan. Sensasinya belum pernah saya rasakan di tempat lain. Ini sangat menyenangkan,” kata rider asal Project 852, Clark Williams, usai prolog Tour de Bintan 2016.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, I Gde Pitana, mengaku tak heran dengan kesan menyenangkan tadi. Sejak awal, kata dia, Bintan memang sudah diposisikan sebagai destinasi sport tourism. Beragam even internasional sudah kerap digelar di sana. Dari mulai Tour de Bintan, Ironman Bintan Indonesia, Bintan Triathlon hingga Sungailiat Triathlon, semua selalu dibanjiri ratusan peserta asing,

“Itu fakta. Coba lihat Tour de Bintan 2016 ini. Pesertanya 800-an, dan 90 persennya dari luar negeri. Masing-masing pesertanya rata-rata didampingi lima orang. Ada tehnisi, tenaga medis serta pendamping lomba. Semua butuh tempat menginap, makan, transportasi, dan sarana hiburan. Banyak sekali devisa yang masuk dalam sekali kegiatan,” terang Pitana.

Ada direct value. repeater value dan media value yang bisa digapai dari Tour de Bintan. Nominalnya diyakini tidak sedikit. Apalagi even ini dikelola oleh Meta Sports, sebuah event organizer yang sudah memiliki jaringan di lebih dari 100 negara. Setidaknya ada 150 media internasional yang mengarahkan pandangannya ke Tour de Bintan 2016. Belum lagi publikasi dari media nasional. “Wisata olahraga memang menjadi salah satu andalan Bintan. Bersama Batam, Bintan menjadi salah satu andalan Kepulauan Riau untuk memenuhi target kunjungan wisatawan mancanegara," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES