Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Ribuan Warga Padati Festival Walima Gorontalo

Ahad 03 Jan 2016 21:08 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Festival Walima Bongo

Festival Walima Bongo

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO --  Ribuan warga Gorontalo padati Festival Walima yang diselenggarakan di Desa Bubohu Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Ahad (3/1).  Festival Walima adalah tradisi perayaan  Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan setiap tahun di lokasi tersebut.

Ribuan warga Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo dan kabupaten Bonebolango mulai memadati desa Bubohu Bongo sejak pukul 06.00 WITA. Acara dimulai dengan arak-arak tolangga yang diisi dengan kue kolombengi ke masjid.  Juga  penampilan dari siswa SMK Pariwisata Bubohu yaitu tarian-tarian tradisional Gorontalo seperti Tidi, dana-dana dan tarian Walima serta karnaval Walima di lokasi desa wisata religius Bubohu, Bongo.

Saiful Moito, warga Kabupaten Gorontalo yang datang ke Festival Walima mengatakan sangat senang dengan adanya Festival Walima. Acara ini  merupakan sebuah agenda tahunan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan mengangkat kearifan lokal Gorontalo.

"Gelaran festival Walima sangatlah menarik, pengunjung disuguhkan parade tolangga yang dihiasi kue khas Gorontalo yaitu kue kolombengi dan juga tari-tarian Gorontalo yang dikemas dengan menarik. Pengunjung pun tidak dipungut biaya apa pun untuk datang ke festival yang diselenggarakan oleh masyarakat Bubohu dan Dinas Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gorontalo ini," ungkapnya.

Vickraen Dangkua, salah seorang pengunjung yang hadir dalam perayaan Festival Walima mengatakan selain menikmati berbagai acara pada Festival Walima, ia dan pengunjung lainnya juga diberikan oleh-oleh kue kolombengi usai acara tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gorontalo, Azis Nurhamidin mengatakan, pelaksanaan Festival Walima sudah masuk dalam kegiatan tahunan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo. Menurutnya, Festival Walima merupakan hasil kerja sama antara masyarakat Bubohu, Yayasan Yotama dan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo. 

"Di sini  ada keunikan dalam kegiatan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, seluruh rumah-rumah di desa Bubohu melaksanakan open house. Silakan pengunjung datang ke rumah penduduk sekitar dan nantinya akan dijamu oleh penduduk usai pembacaan doa yang digelar di masjid At Taqwa di Desa Bubohu, Bongo," ujarnya.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA