Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

Patung Budha Tidur Bogor Dihiasi Lambang Swastika, Ini Penjelasannya

Rabu 23 Dec 2015 12:29 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari

Dengan tinggi 3,75 meter dan panjang 18 meter, patung Budha di vihara Buddha Dharma & 8 Posat di Bogor ini tampak megah.

Dengan tinggi 3,75 meter dan panjang 18 meter, patung Budha di vihara Buddha Dharma & 8 Posat di Bogor ini tampak megah.

Foto: Republika/Puti Almas

REPUBLIKA.CO.ID, Patung Budha dengan posisi berbaring seperti tidur disebut menunjukan kesempurnaan sang Budha yang sudah mencapai tingkat pencerahan. Beberapa vihara yang ada di dunia juga memiliki patung itu dalam bentuk raksasa.

Diantara yang paling terkenal adalah di Vihara Wat Pho, Thailand. Tak jauh-jauh, di negeri sendiri, tepatnya di vihara Buddha Dharma & 8 Posat, Bogor, Jawa Barat juga terdapat patung Budha tidur raksasa yang tak kalah megah.

Selain megah, terdapat keunikan di patung Budha tidur dari vihara Buddha Dharma & 8 Posat ini. Terdapat simbol swastika yang terlihat seperti lambang Nazi terbalik di dada sang patung.

"Swastika yang ada di patung Budha tidur ini melambangkan perdamaian. Berbeda dengan lambang Nazi yang berarti chaos atau kekacauan," ujar wakil pengurus vihara Buddha Dharma & 8 Posat, Andrean Halim, beberapa waktu lalu

Patung Budha tidur yang ada di vihara Buddha Dharma & 8 Posat memiliki tinggi 3,75 meter dan panjang 18 meter. Patung ini didesain dengan jubah berwarna emas, yang lengkap dengan bantal dan altar yang warnanya terlihat senada.

Vihara Buddha Dharma & 8 Posat didirikan sehak 2005 lalu. Namun, saat itu belum ada patung Budha tidur yang kini menjadi ciri khas klenteng tersebut.

"Patung Budha tidur di vihara Buddha Dharma & 8 Posat diresmikan pada 28 April 2012 lalu, setelah dibangun selama 8 bulan," jelas Andrean.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA