Wednesday, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Wednesday, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Pesona Batu Tara, Gunung Api yang Meletup Tiap 20 Menit

Jumat 04 Dec 2015 11:45 WIB

Rep: C01/ Red: Indira Rezkisari

 Gunung api aktif yang terletak sekitar 50 km dari Pulau Lembata ini secara rutin mengeluarkan lavanya setiap 20 menit sekali dari tengah Laut Flores.

Gunung api aktif yang terletak sekitar 50 km dari Pulau Lembata ini secara rutin mengeluarkan lavanya setiap 20 menit sekali dari tengah Laut Flores.

Foto: dok Lembata Underwater

REPUBLIKA.CO.ID, Kecantikan Indonesia tak terbatas pada Raja Ampat atau hamparan sawah di Ubud, Bali. Indonesia juga memiliki satu warisan alam yang sangat indah untuk dipandang, Gunung Batu Tara. Gunung api aktif yang terletak sekitar 50 km dari Pulau Lembata ini secara rutin mengeluarkan lava setiap 20 menit sekali dari tengah Laut Flores.

Travel Blogger, Marischka Prudence, merupakan satu dari sedikit orang yang sudah pernah menyaksikan keindahan letupan lava Gunung Batu Tara. Bersama dengan rekan-rekannya, Prudence sengaja mendatangi gunung yang terletak di tengah laut tersebut melihat dengan mata kepala sendiri mengenai keindahan gunung yang terletak di Pulau Komba.

Prudence dan rekan-rekannya berangkat dari Pulau Lembata menuju Gunung Batu Tara sekitar pukul 02.00 WIB. Prudence mengatakan, sengaja memilih waktu saat masih gelap agar keindahan Gunung Batu Tara benar-benar dapat dinikmati.

"Selama di jalan, kita tidur di kapal. Perjalanan sekitar dua sampai tiga jam," kenang Prudence di Gedung Sapta Pesona, Kamis (3/12).

(baca: Kaya Biota Laut, Pulau Lembata Miliki Pikachu Hingga Horn Shark)

Prudence mengaku, rasa kantuk yang semula menghantui ia dan kawan-kawannya seketika sirna ketika sampai di tempat tujuan. Pasalnya, Gunung Batu Tara yang menjulang di tengah laut saat malam hari ternyata dapat memberikan satu pemandangan menakjubkan.

Letupan lava yang keluar dan mengalir dari kawah Gunung Batu Tara di malam hari terlihat seperti kembang api yang sangat cantik. Prudence mengaku, ia dan rekan-rekannya sampai tidak dapat banyak berkata-kata karena terpana melihat pemandangan alam yang disajikan Gunung Batu Tara.

"Semacam kembang api dalam laut. Spektakuler. Ini salah satu yang harus kita lihat langsung supaya dapat pesonanya," ungkap Prudence antusias.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Persija Menang 3-0 Atas Persela

Selasa , 20 Nov 2018, 20:53 WIB