Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Lovely Toraja Hadir Lebih Awal

Jumat 09 Oct 2015 12:51 WIB

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Winda Destiana Putri

Tongkonan di Toraja

Tongkonan di Toraja

Foto: ROL/Winda Destiana

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR --‎ Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sulawesi Selatan terus bersiap untuk menggelar acara Lovely Toraja.

Acara ini merupakan reinkarnasi dari Lovely Desember yang biasa diadakan pada bulan Desember. Pemilihan nama 'Lovely Toraja' dipilih karena acara ini nantinya bakal digelar pada 9 November.

Kepala Disbudpar Sulsel Jufri Rahman mengatakan, meski acara ini ditarik lebih awal, namun antusias wisatawan lokal maupun asing dipastikan tidak menurun. Karena acara budaya Toraja ini telah ditunggu banyak pihak. Bahkan sejumlah duta besar (dubes) dari negara-negara sahabt Indonesia siap menghadiri Lovely Toraja.

"Sekitar 40 wisatawan asing dari keluarga dubes sudah mulai mendaftar untuk hadir. Mereka sudah pasti mengikuti Lovely Toraja," ujar Jufri, Jumat (9/10).

Pejabat Sementara (Pts) Kab. Tana Toraja ini menjelaskan, sehari sebelum menikmati keindahan budaya dan alam di Toraja, para Dubes beserta keluarga akan diajak menghadiri acara Ambasador Golf Turnamen di Padevalley. ‎Acara ini juga merupakan kegiatan yang diselenggarakan Kementrian Luar Negeri bersama Disbudpar Sulsel.

‎Setelah bermain golf, seluruh rombongan barulah akan berangkat ke Toraja. Transportasi yang digunakan para Dubes bisa melalui darat dan udara. Tergantung kondisi dan keinginan para Dubes. Karena dengan jalur darat, para Dubes bisa menikmati keindahan alam lebih dari tujuh jam sebelum mencapai Tana Toraja.

"Kalau ada pesawat dengan 54 seat dan Bandara di Luwu telah siap digunakan, jalur udara bisa dipakai untuk mengantaskan mereka," papar Jufri.

Setibanya di Toraja, pada duta besar ini akan diajak menikmati penampilan Toraja Cultural Performance, dengan acara welcome dinner sebelumnya. Barulah dikeesokan hari, acara puncak Lovely Toraja akan dibuka dengan sebuah karnaval budaya.

"Setelah semua selesai, akan dilanjutkan acara Rambu Solo bapak dari Ketua DPRD Toraja, serta Mangara Lettoan dari seluruh kecamatan," jelas Jufri.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA