Sunday, 13 Syawwal 1440 / 16 June 2019

Sunday, 13 Syawwal 1440 / 16 June 2019

Wisata Sungai Ini Wajib Dikunjungi Saat Pelesiran ke Brasil

Rabu 09 Sep 2015 06:15 WIB

Rep: MGROL49/ Red: Winda Destiana Putri

Sungai Rio Negro di Brasil

Sungai Rio Negro di Brasil

Foto: Amusingplanet

REPUBLIKA.CO.ID, Tempat ini terletak sekitar 10 kilometer dari kota Manaus di Brazil utara, The Black River Rio Negro yang mengalir melalui kota dan memenuhi sungai Amazon yang berpasir, tapi yang menakjubkan air tidak segera tercampur.

Sebaliknya, mereka mengalir bersama sepanjang 6 km, kejadian ini dikenal dengan nama 'Meeting of the Waters' atau Encontro das Águas dalam bahasa Portugis. Fenomena tersebut terjadi di beberapa tempat di seluruh Amazon dan di tempat lain di planet ini, tapi tak sebesar di sini, ini adalah salah satu atraksi wisata utama dari kota Manaus.

Dilansir dari Amusingplanet, Rabu (9/9) Rio Negro sendiri adalah anak sungai terbesar dari Amazon. Nama "Rio Negro" sendiri berarti "Black River" atau sungai hitam. Warna berasal dari kehadiran materi yang terlarut dan membusuk seperti sisa-sisa tanaman yang masuk ke dalam sungai yang mengalir sambil melalui hutan hujan dan rawa-rawa.

Sungai hitam memiliki tingkat asam yang tinggi, dan sangat sedikit mengandung sedimen. Sedangkan perairan Amazon di sisi lain berkarakter kental, berpasir, dan lumpur yang memberikan penampilan yang kecoklatan.

Karena wilayah mereka yang berbeda, kedua sungai memiliki air yang berbeda kepadatannya, kecepatan dan suhu. Hal tersebutlah yang membuat air dari kedua sungai tersebut tidak bercampur.

Beberapa perusahaan tur menawarkan perjalanan dengan perahu ke tempat yang tepat di mana kedua sungai tersebut bertemu. Waktu terbaik untuk mengambil wisata ini adalah antara bulan Januari dan Juli ketika sungai penuh dengan air.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA