Rabu, 16 Syawwal 1440 / 19 Juni 2019

Rabu, 16 Syawwal 1440 / 19 Juni 2019

Asik! Sungai Ciliwung akan Jadi Wisata Air

Kamis 27 Agu 2015 15:16 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Sungai Ciliwung

Sungai Ciliwung

Foto: setkab.go.id

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menjadikan aliran Sungai Ciliwung sebagai lokasi wisata air, sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) DKI.

"Saya berpikir kalau di sepanjang aliran Sungai Ciliwung itu dijadikan wisata air, pasti akan mendatangkan wisatawan, dan pendapatan kita pun bisa meningkat," kata Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (27/8).

Untuk itu, menurut dia, Pemprov DKI Jakarta akan mengupayakan agar Kampung Pulo yang juga merupakan daerah yang dilewati aliran Sungai Ciliwung bebas dari bangunan ilegal.

Selain dijadikan sebagai lokasi wisata air, sambung dia, pihaknya juga berencana membangun rumah susun sedehana sewa (rusunawa) setinggi 16 hingga 18 lantai di kawasan Kampung Pulo, Jakarta Timur.

"Selain untuk tempat wisata, kawasan Kampung Pulo itu rencananya akan kami tinggikan, kemudian dibangun rusunawa. Jadi, nanti di sekitar rusunawa itu akan ada hutan dan wisata air," ujar Ahok sapaan akrab Gubernur ini.

Lebih lanjut, dia menuturkan dengan membangun wisata air di Kampung Pulo, pihaknya akan berupaya mengembalikan kawasan tersebut seperti pada zaman penjajahan Belanda dulu.

"Karena pada zaman dulu, nama Kampung Pulo itu artinya kampung di tengah pulau. Yang ada di tengah-tengahnya itu baru asli Kampung Pulo, sudah ada dari zaman Belanda," tutur dia.

Apabila pembangunan Rusunawa Kampung Pulo sudah selesai secara keseluruhan, dia mengungkapkan nantinya warga dapat menghuninya hanya dengan membayar uang sewa sejumlah Rp 300.000 per bulan atau Rp 10.000 per hari.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA