Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Lima Tempat Wisata di Kupang Ini Dipadati Wisatawan Libur Lebaran

Senin 20 Jul 2015 14:07 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Pantai Lasiana di Kupang

Pantai Lasiana di Kupang

Foto: Panoramio

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Lima tempat wisata di Kupang dan sekitarnya yang dikemas Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusa Tenggara Timur dipadati pengunjung pada saat Lebaran 1436 Hijriah.

Kelima tempat wisata itu masing-masing, Pantai Lasiana di Kota Kupang, Pantai Tablolong, Air Terjun Oenesu dan Tesbatan serta Pulau Kera di tengah laut sekitar pulau Semau dan Pulau Tikus," kata Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT Marius Ardu Jelamu di Kupang, Senin (20/7).

Di Pantai Lasiana, misalnya yang lokasinya berada di Kecamatan Kelapa Lima sekitar 15 km arah timur Kota Kupang sejak H+1 hingga H+3 Minggu (19/7) kemarin dipadati pengunjung dari berbagai daerah di NTT. Karena pantai Lasiana memiliki ombak yang tenang, berpasir putih dengan nyiur melambai dan pohon lontar yang ada di sekitarnya.

"Kekhasan Pantai Lasiana dibandingkan dengan pantai lain yakni memiliki ombak yang tenang, air yang bening serta dasar pantai yang sepenuhnya pasir putih tanpa karang," katanya.

Kondisi ini katanya membuat pantai Lasiana cocok untuk berenang, berjemur, atau sekedar dinikmati keindahannya. Pantai Lasiana mempunyai kawasan dengan luas lahan sekitar 3,5 hektar. Pada bagian barat pantai bisa terlihat daratan yang membentuk bukit kecil. Bukit kecil ini menjadi latar belakang yang menambah keindahan Pantai Lasiana. Diatas lahan pantai ini ditumbuhi banyak pohon kelapa dan juga tanaman lontar.

Tempat wisata di Kupang selanjutnya adalah Pantai Tablolong yang lokasinya berada di Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang juga dipadati pengunjung selama libur Lebaran ini.

"Letak pantai Tablolong lumayan jauh dari Kota Kupang namun Pantai ini selalu memanjakan mata para wisatawan yang berkunjung dengan hamparan pasir putih dan air lautnya yang berwarna biru kehijauan," kata dia menambahkan.

Selain tempat wisata pantai, ada juga wisata air terjun seperti Oenesu lokasinya berada di Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang yang tidak sepih dari pengunjung.

"Air terjun ini tidak seperti air terjun biasanya yang tingginya puluhan meter dan besar, tetapi air terjun Oenesu ini merupakan air terjun pendek yang bertingkat empat dimana airnya mengalir dari tingkat pertama ke tingkat selanjutnya membentuk seperti anak tangga.

Dan air terjun Tesbatan lokasinya berada di Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang, NTT. Air terjun ini letaknya berada di tengah hutan dan terdiri dari beberapa tingkatan, tingkat atas adalah yang paling mudah dicapai karena berada di pinggir jalan setapak namun air terjunnya kecil dan tidak tinggi, sedangkan di tingkat kedua air terjunnya cukup tinggi dan lebar.

Tempat wisata selanjutnya selain wisata pantai dan air terjun adalah Pulau Kera yang merupakan Pulau yang berada yang berada di tengah Lautan luas yang bisa kita lihat dari tepi sepanjang pantai Kupang.

Pulau Kera juga sangat menarik dan unik dan bisa meningkatkan gairah petualangan menjelajah karena untuk sampai di Pulau Kera harus memakai perahu Nelayan yang bisa disewa dan membutuhkan waktu satu jam untuk sampai dengan perahu kecil nelayan.

"Diseberangi dengan perahu kecil yang bergerak yang membuat kita khawatir akan tenggelam khususnya aku yang tidak bisa berenang," papar dia.

Di Pulau Kera terdapat pasir putih seputih salju dengan campuran merah karang dengan warna laut yang biru, hijuan dan keungu-unguan. Penduduk sekitar memiliki rumah seadanya dengan atap seadanya, hidup dengan standar hidup yang sederhana.

"Jika ingin mengunjungi Pulau Kera sebaiknya bawalah makanan yang banyak dan berbagilah dengan warga sekitar yang ramah," tutup dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA