Sabtu, 20 Ramadhan 1440 / 25 Mei 2019

Sabtu, 20 Ramadhan 1440 / 25 Mei 2019

12 Cara Alami Redakan Sakit Gigitan Nyamuk dan Serangga (1)

Selasa 02 Apr 2019 15:30 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Digigit nyamuk. Ilustrasi

Digigit nyamuk. Ilustrasi

Foto: Engadget
Ada sejumlah cara alami yang bisa membantu meredakan sakit akibat gigitan serangga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gigitan nyamuk dan serangga sering kali membuat nyeri, bahkan bisa menimbulkan reaksi alergi. Bagian tubuh yang digigit serangga akan terasa sakit, gatal, bengkak, atau memunculkan karakteristik dari reaksi alergi yang terlokalisir.

Menurut David Cutler MD, dokter di Providence Saint John's Health Center, perlu diingat bahwa gigitan serangga bisa menimbulkan ruam yang gatal di seluruh tubuh. Itu adalah tanda respons yang lebih umum dari sistem kekebalan tubuh yang bisa saja memerlukan perhatian medis.

"Tetapi jika gigitan ringan, terlokalisir, dan tidak ada gatal, ada sejumlah cara untuk meredakannya tanpa obat," ujarnya.

Dikutip dari laman Womenshealthmag, ada beberapa cara alami yang bisa menjadi alternatif selain pergi ke toko obat. Cara ini dianggap efektif meredakan gigitan nyamuk biasa maupun serangga.

1. Tree tea oil

 

Minyak alami dari pohon teh bernama latin Melaleuca Alternifolia ini mampu mengurangi rasa gatal, nyeri, dan bengkak, menurut dokter kulit Neal Schultz MD. Minyak pohon teh yang tumbuh di Australia itu juga bersifat antibakteri. Ia dapat membantu mencegah infeksi gigitan serangga yang sering terjadi jika kulit digaruk terlalu banyak sampai menyebabkan luka.

2. Madu

Jika tidak keberatan kulit sedikit lengket, madu bisa dipilih sebagai antiinflamasi dan dapat membuat rasa gatalnya tidak terlalu mengganggu, menurut dokter kulit bersertifikat Whitney Bowe MD.

3. Susu dan air

Cara ini menjadi favorit dokter David Cutler MD. Untuk mendapatkan khasiatnya, cukup campurkan susu skim dan air. Celupkan kain tipis sejenis sapu tangan atau kaus lama ke dalam ramuan kemudian oleskan pada kulit. Terdapat kandungan protein dari susu yang ampuh meredakan gatal di bagian kulit yang terkena gigitan.

4. Jus lemon atau jeruk nipis

Buah-buahan ini mengandung antibakteri, tapi hati-hati jika menggunakannya saat di bawah sinar matahari. Kulit bisa terasa sedikit panas dan terbakar jika jus buah tersebut dioleskan saat panas terik.

5. Minyak lavender

 

Dr Schultz mengatakan mengoleskan beberapa tetes minyak lavender pada bagian yang terkena gigitan dapat membantu menghilangkan sensasi nyeri dan membantu menahan diri untuk tidak menyentuh bagian yang sakit tersebut.

Tetapi, perlu diingat, minyak dari merek yang berbeda mungkin lebih asam dari yang lain, jadi pastikan untuk mengencerkannya dengan setetes atau dua air terlebih dahulu untuk membantu mencegah iritasi dari minyak.

6. Pasta gigi

Kebanyakan pasta gigi menawarkan rasa mint atau peppermint. Bahan mentol itu bisa menciptakan sensasi dingin pada kulit. Otak juga akan menangkap perasaan dingin tersebut jauh lebih cepat daripada sensasi gatal. Selain itu, sifat pasta gigi yang astringen bisa membantu mengurangi pembengkakan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA