Thursday, 15 Jumadil Akhir 1442 / 28 January 2021

Thursday, 15 Jumadil Akhir 1442 / 28 January 2021

Bisa Keracunan Makanan, Jangan Abaikan Kebersihan Talenan!

Ahad 05 Jan 2020 05:00 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah

Talenan kayu

Talenan kayu

Foto: www.cleanipedia.com
Selalu jaga kebersihan talenan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Talenan merupakan salah satu bagian penting dan dasar di dapur. Sebagai alat dapur, talenan biasa digunakan untuk alas memotong bumbu dan bahan masakan lainnya.

Meski hanya sebagai alas pemotong, rupanya kebersihan talenan yang digunakan di dapur perlu diperhatikan. Kebersihan peralatan dapur sangat penting guna mencegah keracunan makanan.

Saluran telepon informasi kesehatan NHS Direct menyebutkan, talenan dapur rata-rata memiliki sekitar 200 persen lebih banyak bakteri daripada kursi toilet. Apalagi, bakteri yang tidak kasat mata itu kerap membuat kita tidak menyadari akan kontaminasi yang terjadi tepat di depan mata.

Nah, jika kita bersikap abai dan tidak melakukan tindakan pencegahan yang tepat, talenan di dapur kita berisiko tinggi terkontaminasi. Salah satu solusi yang ditawarkan menghindari kontaminasi adalah dengan menggunakan talenan berwarna berbeda untuk daging dan sayuran.

Badan Standar Makanan (FSA) merekomendasikan kode warna papan potong berdasarkan apakah kita menyiapkan makanan mentah atau matang. Itu berarti, setiap jenis makanan memiliki warna talenan yang berbeda.

Akan tetapi, faktanya hal itu tampaknya sulit diterapkan di rumah. Karena itu, ada tips praktis untuk memastikan talenan di dapur kita bersih dan terhindar dari kontaminasi bakteri. Berikut tips yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan talenan, seperti dikutip dari situs House Beautiful, Kamis (2/1).

  • Beri minyak pada talenan kayu secara teratur dengan minyak mineral (mineral oil).
  • Singkirkan noda makanan pada talenan plastik dengan menggosokkan jus lemon segar atau botol dan biarkan semalaman.
  • Selalu jaga talanen bebas noda dan higienis, dengan cara menggosok permukaannya dengan air panas yang mengalir atau tuangkan air yang baru mendidih ke permukaan talenan guna mensterilkannya. Jika talenan tersebut aman digunakan dengan mesin pencuci piring, pastikan siklusnya setidaknya 65 derajat Celsius. Selain itu, Anda juga bisa mengelapnya dengan tisu anti-bakteri, seperti Dettol, untuk menghilangkan 99,9 persen bakteri.
  • Gunakan desinfektan pada talenen yang digunakan untuk memotong daging mentah.
Tips yang harus dihindari dalam menjaga kebersihan talenan.

Baca Juga

  • Jangan letakkan talenan kayu di mesin pencuci piring atau merendamnya di air panas. Sebab, itu bisa menyebabkannya bengkok dan retak.
  • Jangan menyiapkan daging mentah/unggas di papan yang sama dengan daging/unggas matang atau buah/sayuran tanpa mencuci di antara keduanya.
  • Jangan mengeringkan talenan dengan kain. Ketika terjadi kontaminasi silang, handuklah penyebabnya. Tisu dapur lebih dianjurkan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA