Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Cara Terbaik Cairkan Daging Beku dengan Cepat dan Aman

Senin 12 Aug 2019 12:46 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Christiyaningsih

Daging beku

Daging beku

Foto: pixabay
Umumnya kita menyimpan daging yang masih mentah di dalam freezer agar awet

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada momen Idul Adha, tak jarang kita memperoleh banyak daging hingga tak mungkin memasak semua dalam satu hari. Karena itu umumnya kita menyimpan daging yang masih mentah di dalam freezer agar awet.

Daging yang membeku butuh waktu lama untuk mencairkannya dan memasak. Berikut tips mencairkan daging beku yang tepat menurut standar yang sudah disetujui oleh National Restaurant Association dan tercantum dalam the ServSafe Coursebook dikutip dari The Kitchn.

1. Biarkan mencair di dalam kulkas

Cara terbaik untuk mencairkan daging beku adalah meninggalkannya di lemari es sampai benar-benar dicairkan. Dengan cara ini, daging tidak pernah berada di zona bahaya suhu di mana bakteri tumbuh dengan cepat (41° F hingga 135° F). Daging juga memiliki lebih banyak waktu untuk menyerap kembali kristal es yang terbentuk di antara serat, yang memberikan tekstur yang lebih baik saat dimasak.

2. Rendam air hangat

Cara lain mencairkan daging beku adalah dengan membuka bungkus daging beku dan letakkan dalam mangkuk yang cukup besar untuk menampungnya. Isi mangkuk dengan air hangat suam-suam kuku.

3. Biarkan di bawah air mengalir

Tempatkan mangkuk di wastafel di bawah keran yang menetes cepat. Air yang menetes harus sedikit dingin saat disentuh. Ini membantu menjaga air di sekitar daging pada suhu konstan. Kondisi ini mempercepat pencairan dan membuat air bergerak cukup untuk menjaga pertumbuhan bakteri seminimal mungkin saat daging mencair.

4. Biarkan daging di bawah air sampai mencair

Cara ini bisa memakan waktu mulai dari 20 menit untuk potongan daging yang lebih kecil, seperti dada ayam tipis atau beberapa sosis, hingga satu atau dua jam untuk yang lebih besar untuk potongan yang lebih besar. Jangan biarkan daging keluar selama lebih dari empat jam.

5. Bersihkan bak cuci

Terakhir, tapi tidak kalah pentingnya, pastikan untuk membersihkan bak cuci hingga bersih setelah daging selesai dicairkan.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA