Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Lima Tips Persiapkan Rumah Ketika Ditinggal Liburan

Selasa 04 Jun 2019 12:34 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Christiyaningsih

Perempuan membersihkan rumah/ilustrasi

Perempuan membersihkan rumah/ilustrasi

Foto: Republika/Prayogi
Sebelum mudik atau libura, salah satu yang harus dipersiapkan adalah keamanan rumah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebelum mudik atau liburan jarak jauh, salah satu hal yang harus dipersiapkan adalah keamanan dan keselamatan rumah. Jika rumah terlihat kosong, sama halnya Anda membiarkannya terbuka untuk perhatian yang tidak diinginkan.

Berikut ini tips mempersiapkan diri dan rumah ketika liburan jarak jauh dari Travelbag, spesialis penerbangan jarak jauh terkemuka dan ahli dalam perjalanan mewah seperti dilansir dari laman House Beautiful.

1. Batalkan pengiriman reguler

Kurangi risiko menarik perhatian dengan membatalkan pengiriman rumah tangga reguler Anda saat sedang berlibur. Pengiriman reguler yang dimaksud seperti langganan susu dan koran. Anda juga dapat meminta teman atau tetangga mengambil kiriman yang mungkin terlihat di kotak surat atau di keset Anda.

2. Buka gorden

Gorden yang ditutup pada siang hari menunjukan bahwa sebuah rumah tidak dihuni. Kondisi ini menjadikannya jelas bahwa rumah Anda kosong. Lindungi rumah dan kurangi risiko pengunjung yang tidak diinginkan dengan memastikan tirai dan kerai terbuka ketika Anda pergi dan lampu dimatikan.

3. Pemeliharaan eksternal

Ada sejumlah tanda-tanda di taman yang dapat membuatnya lebih jelas bahwa pemilik rumah sedang berlibur. Potonglah rumput di kebun depan dan siram tanaman sebelum Anda pergi. Ini akan memberi kesan bagian depan yang terawat baik dan karenanya memberi kesan bahwa Anda ada di rumah.

4. Bersihkan dapur

Meskipun mudah untuk mengabaikan lemari es dan lemari dapur, tidak ada yang mau pulang ke dapur penuh dengan makanan yang sudah pergi. Anda bisa membekukan makanan tertentu yang mungkin kedaluwarsa saat pergi untuk menghindari membuangnya sepenuhnya. Bersihkan bagian dalam lemari es untuk mencegah bau.

5. Panggil bantuan

Pastikan Anda bisa memanggil bantuan dari teman atau tetangga terpercaya saat Anda pergi. Dari memberi makan hewan peliharaan hingga menyiram tanaman, ada banyak teman atau kerabat yang dapat membantu merawatnya saat Anda sedang pergi berlibur.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA