Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Kaum Milenial, Ini Investasi Menguntungkan Buat Kamu

Kamis 09 May 2019 15:27 WIB

Rep: cermati/ Red:

Milenial, Ini Investasi Menguntungkan dari Uang Makan Siangmu di Bulan Puasa

Milenial, Ini Investasi Menguntungkan dari Uang Makan Siangmu di Bulan Puasa

Generasi milenial bisa menyisihkan uang makan untuk memilih investasi ini.

Marhaban Ya Ramadan. Selamat datang Ramadan, bulan penuh ampunan dan berkah. Di bulan puasa ini, umat muslim dianjurkan untuk banyak beribadah, termasuk bekerja, tidur, solat tarawih, berbagi dengan sesama atau bersedekah.

Selama Ramadan, umat muslim di seluruh penjuru dunia wajib berpuasa sebulan lamanya. Tidak makan dan minum atau segala yang membatalkan puasa dari terbit fajar (subuh) hingga terbenamnya matahari (maghrib), kecuali dalam kondisi tertentu. Itu artinya di siang bolong, jatah atau uang makan siangmu aman.

Duit makan siangmu ini bisa dimanfaatkan loh. Investasikan saja ke produk-produk investasi konvensional maupun syariah yang memberi keuntungan. Kan lumayan, daripada dihabiskan untuk ikut acara buka puasa bareng teman SD, SMP, SMA, kuliah, sampai teman kantor yang enggak ada habisnya. Bukannya untung, pengeluaran malah membengkak.

Nah coba deh pikirin lagi. Yuk, hitung-hitungan berapa yang bisa kamu hemat dari uang makan siangmu selama bulan puasa. Lalu cocoknya diinvestasikan ke mana?

Baca Juga: 6 Tips Hemat Selama Puasa

 

Penghematan Uang Makan Siang Selama Ramadan

Keuangan
Penghematan Uang Makan Siang Selama Ramadan

  • Jika jam istirahat kantor biasanya makan siang nasi rames di warung tegal (warteg), pengeluaran per hari katakanlah Rp15.000 sampai Rp20.000. Bila dikalikan 20 hari kerja, maka pengeluaran makan siang yang bisa kamu hemat sekitar Rp300.000-Rp400.000 per bulan.
  • Kalau makan siang di warung pinggiran kaki lima biasanya menghabiskan sekitar Rp25.000-Rp30.000, dikalikan 20 hari, maka penghematannya lebih besar sekitar Rp500.000-Rp600.000.
  • Tapi jika biasanya makan siang di kafe atau restoran, pengeluaran makan siang lebih mahal sekitar Rp50.000-Rp100.000. Bila dikalikan 20 hari kerja selama puasa, kamu bisa hemat Rp1.000.000-Rp2.000.000.

Kamu tipe yang mana nih?

Investasi Menguntungkan dari Uang Makan Siangmu

1. Tabungan Berjangka

Tabungan Berjangka
Tabungan Berjangka

Produk investasi menguntungkan yang bisa kamu pilih adalah tabungan berjangka. Bila produk tabungan biasa, bunganya hanya 1% per tahun, tabungan berjangka memberikan suku bunga lebih tinggi. Dari hasil penghematan pengeluaran makan siang selama Ramadan, dilanjutkan menabung rutin setiap bulan, rekening kamu akan menggendut.

Simulasi investasi di tabungan berjangka:

  • Setoran awal dari uang penghematan makan siang Rp300.000, dan lanjut rutin nabung Rp300.000 per bulan
  • Jangka waktu atau tenor 3 tahun = 36 bulan
  • Suku bunga per tahun 4,50%
  • Total tabungan selama 3 tahun terkumpul Rp11.539.827. Lumayan sudah bisa buat kredit motor.

Baca Juga: 9 Peluang Bisnis Yang Menjanjikan Di Bulan Ramadhan

2. Reksa Dana Syariah

Investasi Menguntungkan
Investasi di Reksa Dana Syariah

Reksa dana syariah adalah jenis investasi yang menerapkan prinsip-prinsip Islam. Produk investasi ini sendiri banyak macamnya, ada reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, terproteksi, campuran, dan reksa dana saham. Tanam modal di reksa dana saat ini bisa setor uang mulai dari Rp100.000.

Kali ini simulasi investasi untuk reksa dana pendapatan tetap syariah, berdasarkan kalkulator di situs Bareksa:

  • Setoran awal dari uang penghematan makan siang Rp300.000, dan lanjut rutin investasi Rp300.000 per bulan
  • Tambahan investasi setiap tahun Rp500.000
  • Jangka waktu atau tenor 3 tahun = 36 bulan
  • Total investasi plus return (imbal hasil) selama 3 tahun sebesar 8,47% = Rp13.667.367
  • Kamu dapat return investasi Rp1.067.367.

3. Pendanaan di Fintech P2P Lending

P2P Lending
Pendanaan di Fintech P2P Lending

Satu lagi tempat kamu untuk menanamkan modal murah meriah dan lagi jadi tren, yakni melakukan pendanaan di fintech peer to peer (p2p) lending. Investasinya mulai dari Rp100.000 dengan keuntungan hingga dua digit per tahun. Contohnya saja pendanaan di Indodana menawarkan keuntungan per tahunnya sampai 16%. Selain itu, platform fintech ini sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

4. Investasi Emas

Investasi emas
Investasi Emas

Instrumen investasi lain yang dapat menguntungkan adalah emas. Emas menjadi salah satu ladang investasi favorit banyak orang karena dianggap paling aman (safe haven). Saat ini, investasi emas dalam bentuk tabungan sudah ditawarkan secara online melalui e-commerce, seperti Bukalapak dan Tokopedia. Modal buka tabungan emas mulai dari Rp100-an saja, kamu bisa melakukan transaksi jual beli emas di situs tersebut.

Jika harga emas saat ini sekitar Rp600.000 per gram, kalau kamu menabung atau investasi emas Rp300.000, berarti sudah dapat 0,5 gram. Bila dalam setahun saja rutin nabung Rp300.000 = 0,5 gram, kamu sudah memiliki tabungan emas 6 gram. Sewaktu-waktu emas itu bisa kamu jual saat harga sedang naik, sehingga kamu mendapat keuntungan dari selisih antara harga jual dan beli.

Belajar Investasi Mulai dari Sekarang

Bulan puasa menjadi peluang bagus untukmu yang ingin mulai investasi. Menggunakan hasil penghematan uang makan siang selama Ramadan sebagai awal permulaan untuk belajar mengelola keuangan dengan berinvestasi. Selebihnya tinggal komitmenmu rutin menyisihkan 20% dari gaji bulanan untuk investasi demi masa depan yang lebih baik.

Baca Juga: Tips Hemat Saat Bulan Puasa Bagi Anak Kost

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA