Friday, 19 Ramadhan 1440 / 24 May 2019

Friday, 19 Ramadhan 1440 / 24 May 2019

Tips Mengatasi Sakit Kepala Saat Hamil

Selasa 27 Nov 2018 14:13 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ani Nursalikah

Ibu hamil tengah tertidur. Ilustrasi

Ibu hamil tengah tertidur. Ilustrasi

Foto: Health
Ibu hamil tidak boleh meminum obat pereda nyeri sembarangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sakit kepala sangat tidak nyaman dirasakan saat hamil. Perubahan hormon hingga kebiasaan minum kopi selama mengandung secara mendadak bisa memicu ibu tidak tidur nyenyak dan sakit kepala. Sebelum hamil, saat sakit kepala Anda biasanya akan minum obat pereda nyeri.

Namun, saat hamil, Anda tak bisa minum obat sembarangan. Berikut beberapa cara alternatif untuk mengobati sakit kepala saat hamil, dilansir di Verywell Family, Selasa (27/11).

Baca Juga

Cobalah beristirahat di kamar. Matikan lampu dan turunkan volume televisi. Tutup jendela kamar dan cobalah nikmati tidur siang Anda.

Kedua, gunakan handuk panas dan handuk dingin. Kemudian taruh di tempat Anda merasakan sakit kepala.

Anda juga bisa bersantai dengan cara mandi di bak mandi dengan air hangat. Anda bisa mengombinasikannya dengan perawatan diri atau pijat.

Keempat, datang ke dokter mata. Kehamilan bisa juga memengaruhi mata dengan membuat mata kering dan mengaburkan penglihatan. Dokter mata biasanya bisa menawarkan opsi membantu Anda meringankan sakit kepala dan masalah mata selama kehamilan.

Jangan ragu meminta bantuan jika Anda mempunyai anak yang masih kecil. Jangan malu menelepon teman atau anggota keluarga supaya Anda bisa beristirahat sejenak.

Jika sakit kepala tak tertahankan dan Anda ingin minum obat, hindari membeli obat yang dijual bebas. Mintalah rekomendasi dokter terlebih dahulu.

Anda mungkin terbiasa minum kopi saat sakit kepala. Namun, saat hamil mulai kurangi konsumsinya bertahap. Minum sedikit kopi saat hamil tidak membahayakan dan bisa menghilangkan sakit kepala.

Jaga tubuh tetap terhidrasi. Anda mungkin sakit kepala karena kekurangan asupan cairan tubuh. Anda bisa juga mengombinasikannya dengan kudapan sehat dan berjalan-jalan mendapatkan udara segar. Untuk menjaga level energi saat hamil, biasakan tidur lebih awal.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA