Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Cara Singkirkan Lemak Viseral di Perut

Senin 26 Nov 2018 05:25 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Ani Nursalikah

Perut buncit dengan lemak perut tebal (ilustrasi)

Perut buncit dengan lemak perut tebal (ilustrasi)

Foto: ROLLINGOUT
Lemak visceral terletak di rongga perut dan membungkus organ vital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lemak viseral merupakan lemak yang paling berbahaya. Lemak ini meningkatkan risiko seseorang terkena komplikasi kesehatan.

Lemak viseral terletak di rongga perut dan membungkus organ vital, seperti hati dan usus. Karena itu dapat meningkatkan risiko serius dan kondisi kesehatan yang mengancam jiwa, seperti penyakit jantung.

Salah satu penyebab utama lemak viseral adalah makan makanan yang buruk. Studi telah menemukan makan lebih banyak protein dan serat larut, membatasi asupan gula dan alkohol dan menghindari lemak trans dapat membantu Anda menghilangkan lemak ini. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk menyingkirkan lemak visceral.

Makan lebih banyak protein

Makan lebih banyak protein membantu Anda merasa kenyang lebih lama juga dapat meningkatkan metabolisme. Keduanya dapat membantu penurunan berat badan.

Dalam studi yang berjudul "Asupan Protein Berbanding Terbalik dengan Lemak Perut", orang yang makan lebih banyak protein cenderung membawa lebih sedikit lemak viseral. Sumber protein yang baik termasuk daging, ikan, telur, buku harian dan kacang polong.

Makan lebih banyak serat larut

Serat larut ditemukan dalam gandum, jelai, kacang, biji, kacang dan kacang, serta banyak sayuran. Makan serat larut telah ditemukan dapat membantu menekan nafsu makan, yang karenanya dapat mengurangi lemak viseral. Satu penelitian menemukan kartu lemak rantai pendek membantu meningkatkan tingkat hormon kepenuhan.

Batasi asupan gula

Bukan rahasia makan terlalu banyak gula menyebabkan kenaikan berat badan. Studi juga menyarankan orang yang makan lebih banyak gula tambahan biasanya memiliki lebih banyak lemak viseral.

Orang dewasa harus mengonsumsi tidak lebih dari 30 gram gula setiap hari. Untuk mengurangi asupan gula Anda, pilihlah makanan utuh seperti sayuran segar, buah-buahan, dan daging tanpa lemak.

Batasi asupan alkohol

Minum terlalu banyak alkohol dapat memiliki sejumlah efek negatif pada kesehatan seseorang. Sebuah penelitian dalam The Journal of Nutrition mengatakan mereka yang minum terlalu banyak alkohol dapat mendorong lemak untuk disimpan sebagai lemak viseral.

Hindari lemak trans

Lemak trans adalah sejenis lemak yang dibuat dengan memompa hidrogen ke dalam minyak nabati. Mereka ditambahkan ke banyak makanan olahan. Sebuah penelitian menunjukkan lemak trans dapat meningkatkan lemak viseral dan menyebabkan sejumlah masalah kesehatan.

Sebagian besar supermarket di Inggris telah menghilangkan lemak trans dari produk merek mereka sendiri. Konsumsilah lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh ditemukan terutama dalam minyak dari tumbuhan dan ikan.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA