Wednesday, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 December 2018

Wednesday, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 December 2018

Tips Travelling Hemat Sekaligus Lestarikan Lingkungan

Sabtu 17 Nov 2018 05:58 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Travelling (Ilustrasi)

Travelling (Ilustrasi)

Foto: News
Berhentilah mengusik lingkungan saat Anda berlibur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penatnya aktivitas sehari-hari membuat banyak orang memutuskan pergi liburan untuk sejenak melepaskan penat setelah beraktivitas. Biasanya, destinasi yang kerap dikunjungi adalah tempat-tempat baru guna menemukan suasana dan pengalaman baru pula.

Umumnya, mereka yang hendak travelling tidak ingin ribet dengan benda yang dibawa, tidak lain agar perjalanan mereka tidak dibebani oleh benda-benda tersebut. Dan kegiatan yang satu ini memang sangat mengasyikkan.

Selain bisa menikmati udara yang segar dan pemandangan yang memanjakan mata, pengalaman baru dalam perjalanan juga memberikan sensasi menantang sekaligus rileks. Namun, alangkah baiknya lagi jika Anda travelling sambil ikut berperan dalam melestarikan lingungan.

Kenapa? Selain lebih hemat, Anda juga menjadi smart traveller karena menjaga lingkungan agar tempat-tempat wisata ini tetap menyajikan pemandangan yang indah di masa yang akan datang.

Bagaimana caranya? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut cara travelling hemat sekaligus melestarikan lingkungan.

Bawalah Barang-Barang yang Multifungsi

Memilih barang-barang yang akan dibawa untuk liburan ini penting. Sebab jangan sampai justru Anda membawa barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan dan hanya akan merepotkan, atau malah tidak terpakai. Sia-sia, bukan?

Untuk itu, perhatikan dengan baik dan pastikan bahwa barang-barang yang Anda bawa itu memang dibutuhkan dan akan terpakai. Bawal barang yang multifungsi, sehingga tidak perlu membawa banyak benda di koper Anda.

Sebab jika barang bawaan banyak, selain akan menambah beban bawaan Anda, juga akan berdampak buruk pada lingkungan bila Anda menggunakan pesawat. Sebab, semakin berat barang bawaan Anda yang masuk dalam bagasi pesawat, maka semakin banyak pula zat karbon yang dikeluarkan oleh pesawat tersebut. Tentu karbon tersebut tidak baik untuk lingkungan, bukan?

photo

Transportasi umum Kota New York.

Gunakan Transportasi Umum

Menggunakan transportasi umum saat travelling juga tidak kalah menyenangkan. Apalagi Anda bisa berbaur dengan penduduk setempat saat berada di bus. Lagi pula menggunakan transportasi umum juga akan menghemat pengeluaran Anda selama travelling karena memang harganya yang lebih murah.

Dengan menggunakan transportasi umum, Anda membantu lingkungan agar tetap terjaga karena mengurangi emisi karbon yang dihasilkan oleh alat transportasi terhadap lingkungan. Lebih baiknya lagi jika Anda bersedia untuk jalan kaki untuk pergi ke tempat yang tidak terlampau jauh ketimbang baik mobil. Semakin sedikit emisi karbon, makin segar udara yang dihirup, bukan?

Hindari Pemakaian Plastik Sekali Pakai dan Kertas

Material sekali pakai yang biasanya berupa plastik saat travelling memang tidak asing lagi. Selain dinilai simple, tapi sebenarnya justru membuat pemborosan dan tidak ramah lingkungan. Begitu juga dengan pemakaian kertas hanya untuk mencetak tiket atau pun sekedar membuat catatan.

Bawalah kantong belanjaan atau botol isi ulang untuk keperluan selama perjalanan, sehingga Anda tidak perlu membeli air minum kemasan, misalnya. Ini juga berlaku buat peralatan mandi seperti sabun, sampo, dan lainnya yang sebaiknya dalam bentuk travel size, yakni botol kecil, agar Anda bisa melakukan isi ulang. Anda juga tidak perlu mencetak tiket maupun peta karena semuanya bisa dilakukan secara elektronik melalui smartphone, bukan?

photo

Homestay (ilustrasi)

Hemat Listrik dan Air dengan Menginap di Rumah Penduduk

Kenapa sebaiknya pilih menginap di rumah penduduk ketimbang hotel? Sederhana saja, dengan tinggal di rumah penduduk, maka akan bisa bisa menekan biaya perjalanan ketimbang di hotel tentunya. Selain murah, juga bisa lebih ramah lingkungan.

Alasannya? Sebab biasanya hotel membutuhkan energi yang cukup besar untuk operasionalnya, seperti listrik, air, dan perlengkapan lainnya yang harus senantiasa diperbarui. Berbeda bila Anda menginap di pemukiman penduduk, selain harganya jauh lebih murah, juga lebih ramah lingkungan karena pemakaian energi yang sedikit.

Sebagai contoh, tentu Anda tentu akan lebih disiplin mematikan air dan lampu ketika tinggal di rumah penduduk tersebut ketimbang kebiasaan buruk bila menginap di hotel yang umumnya terjadi, yakni malas mematikan lampu maupun pendingin ruangan (AC).

Meski Menginap di Hotel, Berlakulah seperti di Rumah Sendiri

Kendati Anda ternyata memilih menginap di hotel, berlakulah seperti halnya di rumah sendiri yakni mencegah pemborosan energi dengan disiplin dalam menggunakan energi. Seperti menggunakan lampu, AC, dan air secukupnya.

Bila Anda berada di rumah, tentu sangat memperhatikan pengeluaran seperti biaya listrik dan air, bukan? Nah, oleh karena itu berlakulah seakan-akan Anda sedang berada di rumah, yakni dengan mamtikan AC, lampu, dan menghemat air. Meski biaya hotel yang Anda bayarkan sudah termasuk biaya energi, namun tetaplah menjaga sumber energi di sekitar kita.

Makan Makanan Lokal dan Beli Souvenir yang Wajar

Selain memberikan pengalaman baru dan sensasi kuliner yang unik, menikmati makanan lokal destinasi travelling juga lebih hemat. Sebab harga makanan lokal biasanya jauh lebih murah dibanding lainnya.

Jangan lupa juga untuk hanya membeli oleh-oleh dari tempat wisata itu yang wajar saja, yakni berupa barang-barang yang ramah lingkungan. Hindari membeli souvenir yang tidak ramah lingkungan seperti cinderamata yang berasal dari satwa yang dilindungi dan lainnya.

Jangan Pernah Rusak Alam dan Patuhi Peraturan

Saat Anda travelling, Anda akan mendapati banyak larangan seperti dilarang berkemah, dilarang membuang sampah dan larangan-larangan lainnya. Patuhi semua larangan tersebut agar lingkungan tidak terusik dan tetap lestari. Jadi, sayangi dan jangan pernah merusak alam sekitar, ya?

Lindungi Lingkungan yang Melindungi Anda

Sadar atau tidak, lingkungan saat ini sedang melindungi Anda. Ia menyediakan oksigen bagi Anda untuk bernafas. Berhentilah mengusik lingkungan dan patuhi segala peraturan yang Anda temukan perihal kelestarian lingkungan di mana pun berada. Jaga dan rawat lingkungan agar Anda tetap menikmati keindahannya sampai kapan pun.

Artikel ini kerja sama Republika.co.id dan Cermati.com

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Mengenang Tragedi Rawagede Karawang

Selasa , 11 Dec 2018, 23:21 WIB