Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tips Sukses Meniti Karier di Luar Negeri

Jumat 16 Nov 2018 20:33 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Wanita karier bugar/ilustrasi

Wanita karier bugar/ilustrasi

Foto: bananatechs.com
Perlu bekal serus untuk meniti karier di luar negeri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bukan hanya belajar, bekerja dan meniti karier di luar negeri pun tidak mudah. Pun demikian juga bukanlah hal sulit untuk dilakukan dan dicapai. Nah, untuk bisa mencapai karier yang diinginkan juga tidak sembarangan.

Penghasilan yang lebih tinggi dan pengalaman kerja yang berbeda tentu menjadi salah satu pertimbangan penting untuk meniti karier dan sukses di luar negeri. Namun sebagaimana bekerja di negeri sendiri, bekerja di negeri orang juga akan memiliki tingkat kesulitan tersendiri.

Tantangan yang bakal dihadapi mulai dari budaya dan lingkungan yang berbeda, hingga cuaca yang juga berbeda. Pastikan Anda memiliki persiapan yang matang sejak awal, sebelum akhirnya memutuskan untuk berangkat bekerja dan meniti karier di negeri orang.

Seperti dikutip daricermati.com/"> Cermati.com, berikut cara mudah sukses meniti karier di luar negeri:

photo
Anak-anak belajar bahasa Inggris/ilustrasi

Kemampuan Bahasa Inggris yang Memadai
Bahasa menjadi salah satu tantangan terbesar bila ingin berkarier di luar negeri. Komunikasi menjadi hal vital yang tidak bisa ditawar, karena Anda membutuhkannya setiap waktu.

Setidaknya, kuasailah bahasa Inggris dengan baik, sebab bahasa ini menjadi bahasa internasional yang lazim digunakan oleh orang-orang yang bekerja dengan pekerja asing di dalam perusahaan mereka.

Untuk mahir berbahasa Inggris, ada banyak cara yang bisa dlakukan, mulai dari ikut kursus profesional, menonton lebih banyak film berbahasa Inggris, atau belajar secara otodidak menggunakan modul online dan lainnya.

Mandiri dan Disiplin yang Tinggi
Kecakapan dalam bekerja akan dipengaruhi oleh kemandirian dan disiplin yang dimiliki oleh diri sendiri. Sangat penting untuk mandiri dan memiliki kemampuan dalam mengurus berbagai hal pribadi, mengingat Anda akan tinggal sendiri dan juah dari keluarga atau orangtua.

Selain itu, sikap disiplin juga akan sangat membantu Anda saat berkarier di luar negeri, terutama di negara-negara yang memiliki disiplin kerja tinggi, seperti Jepang, Jerman dan yang lainnya. Biasakan untuk mandiri dan disiplin dari sekarang agar Anda menjadi terbiasa.

Mampu Bersosialisasi
Menjadi pendatang dan akan berbaur dengan pekerja lainnya di perusahaan, Anda wajib memiliki kemampuan yang baik dalam bersosialisasi. Hal ini penting, terutama jika Anda akan bekerja dan tergabung dalam sebuah tim.

Selain itu, Anda juga perlu bersosialisasi dengan lingkungan sekitar tempat tinggal di sana. Jangan sampai Anda hanya menghabiskan waktu sendirian saja dan membosankan. Bukan hanya pekerjaan saja yang tidak lancar, namun kehidupan pribadi Anda juga akan terasa tidak menyenangkan.

Kemampuan untuk Memanfaatkan Teknologi
Perkembangan teknologi menjadi keuntungan tersendiri yang akan memudahkan pekerjaan dan hal lainnya di dalam kehidupan kita. Namun semua ini tidak akan ada gunanya, jika Anda tidak memiliki kemampuan yang mumpuni untuk memanfaatkannya.

Pastikan Anda membekali diri dengan kemampuan yang baik untuk menggunakan berbagai teknologi yang berkembang seperti sekarang ini, agar hidup Anda juga menjadi lebih mudah dan menyenangkan di negeri orang.

photo
Kerja keras. Ilustrasi

Etos Kerja dan Keterampilan yang Mumpuni
Ke mana pun negara tujuan Anda nanti, pastikan Anda memiliki etos kerja dan juga keterampilan yang mumpuni. Bekerja tidak selalu mudah, sebab setiap pekerjaan dan lingkungan kerja akan memiliki tingkat kesulitan serta tantangan tersendiri.
Penting untuk memiliki kemampuan yang baik dalam mengatasi hal tersebut sejak awal, agar tujuan Anda meniti karier bisa berjalan dengan baik dan lancar sesuai harapan.

Persiapkan dengan Baik Sejak Awal
Memiliki rencana meniti karier di luar negeri mungkin akan membuat Anda bersemangat dan membayangkan berbagai hal menyenangkan di sana. Pastikan Anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sejak awal, agar rencana tersebut bisa berjalan dengan lancar. Bekali diri dengan baik dan taklukkan tantangan kerja di negeri orang dengan menyenangkan dan meraih kesuksesan yang diimpikan.

Artikel ini kerja sama Republika.co.id dan Cermati.com

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA