Saturday, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Saturday, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Kebiasaan Sederhana Ini Tingkatkan Keharmonisan Pasangan

Sabtu 20 Oct 2018 05:55 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Ani Nursalikah

Studi menemukan pasangan yang harmonis di Facebook, serta kerap menyinggung satu sama lain lewat foto atau status, memiliki hubungan yang berumur lebih panjang.

Studi menemukan pasangan yang harmonis di Facebook, serta kerap menyinggung satu sama lain lewat foto atau status, memiliki hubungan yang berumur lebih panjang.

Foto: flickr
Hal kecil memiliki pengaruh besar dan positif dari waktu ke waktu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak hal yang dilakukan  pasangan demi menjaga keharmonisan hubungan. Dilansir laman Huffpost, Kamis (18/4), menurut terapis pernikahan, ada sejumlah kebiasaan yang tampaknya kecil, namun memiliki efek yang besar pada sebuah hubungan.

Menjelaskan isyarat romantis dan mengunggah kemesraan di Instagram yang berlebihan, misalnya, bukanlah cara yang diperlukan agar hubungan kuat dan bahagia. Sebaliknya, ada kebiasaan kecil dan sederhana, seperti cukup tidur, berciuman dan saling sapa.

Hal ini memiliki pengaruh besar dan positif dari waktu ke waktu. Berikut, tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keharmonisan dalam hubungan.

Tidur yang nyenyak

Kita tidak dalam kondisi terbaik saat kita lelah. Kurang tidur dapat membuat kita mudah dan cepat marah, serta sulit fokus. Sebaliknya, mendapatkan istirahat yang cukup, bila memungkinkan, dapat meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan kita secara keseluruhan. Pada gilirannya, membuat kita menjadi pasangan yang lebih baik dan lebih mencintai.

"Tidak peduli apa yang sedang terjadi dalam suatu hubungan, tidur harus menjadi prioritas nomor satu, bahkan di atas seks," kata psikolog dan terapis seks, Shannon Chavez.

Tidur sangat penting untuk kesehatan yang baik. Beristirahat dengan baik dan sehat sangat penting untuk diri sendiri dan hubungan pasangan. Apalagi, pergi tidur pada saat yang sama dengan pasangan Anda akan memunculkan keintiman dan kedekatan.

Lakukan hal kecil untuk pasangan

Tindakan atau perhatian kecil dan sederhana menunjukkan kepada pasangan Anda peduli. Tidak perlu isyarat besar. Ini bisa Anda lakukan, seperti dengan menawarkan kopi kepada istri Anda di pagi hari, meninggalkan catatan cinta di meja atau mengejutkan suami Anda dengan camilan favoritnya.

"Ketika kedua pasangan melakukan upaya untuk melakukan sedikit tindakan kebaikan yang disengaja, terutama tanpa disuruh, kepedulian itu melipatgandakan seluruh hubungan," kata Kurt Smith, seorang terapis yang mengkhususkan diri dalam konseling laki-laki.

Pujian dan saling menerima

Ketika kita terjebak dalam rutinitas, mudah untuk mulai mengambil hal-hal kecil yang dilakukan oleh mitra kita (anak-anak, di sekitar rumah). Terkadang kita lupa mengucapkan terima kasih. Mengakui apa yang Anda syukuri secara khusus dapat menjadi lebih efektif.

"Soroti apa yang Anda tunjukkan sebagai penghargaan," kata ahli terapi perkawinan dan keluarga Spencer Northey.

Seperti mengucapkan 'terima kasih telah merapikan ruang tamu,' atau 'saya sangat menghargai Anda memilih saya.' Pujian membantu pasangan Anda merasa dicintai dan dihargai, dan memberi label pujian memungkinkan pasangan Anda tahu Anda memperhatikan akan hal-hal kecil. Ini juga membantu seseorang tahu persis apa yang kamu suka, jadi mereka bisa melakukan lebih dari itu!

Hal yang sama berlaku untuk hal-hal positif yang sering kita pikirkan tentang pasangan kita. "Lain kali Anda perhatikan, 'Saya sangat menyukai cara Anda memberi saya saran itu, itu sangat membantu dan Anda sangat pintar,' katakan dengan keras," ujar terapis Kari Carroll.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES