Wednesday, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 December 2018

Wednesday, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 December 2018

Tips Menikah dengan Bujet Minim

Senin 03 Sep 2018 05:55 WIB

Red: Gita Amanda

Pernikahan.   (ilustrasi)

Pernikahan. (ilustrasi)

Foto: Republika/ Wihdan
Mahal tidaknya biaya pernikahan ada di tangan Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, Pernikahan adalah sesuatu yang sakral. Setiap orang tentunya ingin memiliki satu pasangan seumur hidupnya. Akan tetapi, banyak pasangan yang terus-menerus menunda untuk menikah karena masalah biaya.

Salah satunya karena masalah finansial mereka yang belum mencukupi. Jika dipaksakan untuk menikah, dinilai justru akan menimbulkan masalah baru nantinya karena harus berjuang sekuat tenaga membayar utang untuk pesta pernikahan.

Bagi beberapa orang yang memiliki keuangan baik, tentu ingin mengadakan pesta pernikahan besar-besaran, karena ingin merayakan hari besar cinta kasih mereka bersama keluarga dan para kerabat serta sahabat.

Akan tetapi, bagaimana dengan mereka yang memiliki bujet pas-pasan? Haruskah terus-menerus menunggu lama hanya untuk memiliki biaya yang cukup terlebih dahulu? Jangan khawatir, ada cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa menikah meski memiliki bujet minim, seperti dikutip dari Cermati.com.

  1. Lakukan persiapan pernikahan sendiri bersama pasangan

    Hal pertama yang perlu dilakukan bagi Anda yang ingin melangsungkan pernikahan dengan bujet minim adalah melakukan segala persiapannya sendiri bersama pasangan. Dengan begitu, Anda bisa menekan bujet karena Anda sendiri yang menyiapkan.

    Untuk itu, Anda dan pasangan harus membuat kesepakatan bersama saling menjaga komitmen mempersiapkan sendiri hal-hal yang dibutuhkan. Anda dan pasangan harus komitmen akan hal ini agar semua yang dibutuhkan bisa disiapkan dengan baik.

  2. Pilih tempat untuk melangsungkan pernikahan

    Tentukan di mana Anda akan menggelar pernikahan nantinya, apakah di rumah sendiri, atau di gedung. Ini penting, karena akan memengaruhi bujet yang dikeluarkan. Tentu melangsungkan pernikahan di rumah sendiri akan memangkas bujet untuk menyewa gedung, bukan?

    Nah, kalaupun Anda ingin menggelar pernikahan di gedung, pastikan menyewa gedung dari jauh-jauh hari sehingga bisa menemukan tarif sewa gedung yang murah. Sebab, Anda akan menemukan banyak pilihan gedung yang bisa digunakan untuk pesta pernikahan Anda.

  3. Batasi orang yang akan diundang

    Anda harus memilih dan menentukan siapa saja yang akan hadir dalam pesta pernikahan nantinya. Sebaiknya undang orang-orang terdekat saja, seperti kerabat, tetangga, dan sahabat. Dengan begitu, Anda bisa membatasi jumlah undangan cetak dan jumlah hidangan yang akan disajikan.

    Jika Anda menginginkan bujet yang lebih minim lagi, Anda bisa melangsungkan pesta pernikahan tertutup, artinya hanya keluarga terdekat saja. Dengan begitu, biaya katering tidak terlalu membengkak karena Anda bahkan bisa memasak makanan sendiri dengan keluarga Anda.

  4. Buat kartu undangan yang sederhana saja

    Undangan seharusnya tidak menjadi masalah yang harus dibesar-besarkan. Buatlah undangan sesederhana mungkin untuk menghindari bujet yang besar. Meski sederhana, Anda tetap bisa memadukan ide-ide dengan pasangan di undangan pernikahan Anda tersebut.

    Bila memungkinkan, Anda disarankan untuk membuat undangan yang bisa dikirimkan lewat e-mail kepada kerabat dan sahabat Anda. Siapa tahu keluarga Anda adalah keluarga sosialita yang sudah mengerti canggihnya teknologi sehingga tidak lagi membutuhkan kertas sebagai bentuk undangan pernikahan Anda.

  5. Minta bantuan kerabat dan teman untuk acara pesta

    Jika Anda ingin menghemat biaya pesta pernikahan, maka Anda harus menghindari penggunaan wedding organizer. Biaya yang dapat Anda pangkas tentunya lumayan banyak karena penggunaaan jasa mereka tidaklah murah. Anda bisa meminta bantuan kerabat dan sahabat terdekat untuk menjadi pengatur berjalannya pesta pernikahan Anda.

  6. Menjahit sendiri atau sewa baju pengantin yang murah

    Jika Anda memiliki kemampuan dalam menjahit pakaian, maka seharusnya Anda mejahit baju pengantin Anda sendiri. Bujet yang dapat dipotong juga terbilang besar. Akan tetapi, Anda tentunya harus menyiapkan energi lebih untuk menyelesaikan baju pengantin tersebut. Oleh karena itu, Anda harus memulai untuk menjahitnya jauh-jauh hari agar tenaga Anda bisa lebih banyak tersisa saat hari-H pernikahan.

    Jika tidak bisa menjahit baju pengantin sendiri, Anda bisa menyewa baju pengantin yang murah. Tentu ini bisa menghemat tenaga sekaligus biaya. Asalkan Anda harus benar-benar menyisihkan waktu untuk mencari jasa penyewaan gaun pengantin murah.

  7. Lakukan akad dan resepsi di hari yang sama

    Dengan mengadakan akad dan resepsi di hari yang sama, Anda dapat menghemat biaya pernikahan. Hal ini karena Anda tidak harus dua kali mengeluarkan biaya untuk katering serta keperluan lainnya. Oleh karena itu, daripada membuang-buang uang, tidak ada salahnya untuk mengadakan akad nikah sekaligus resepsi pernikahan.

Jangan buru-buru menilai biaya pernikahan sangat mahal. Semua bisa diatur sesuai dengan keinginan dan bujet Anda. Saat Anda menginginkan sesuatu yang murah, maka Anda juga harus tahu harapan kualitas yang seperti apa yang akan didapatkan.

Biaya murah tidak selamanya murahan. Anda hanya perlu lebih jeli dalam menyiasati persiapan pernikahan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Mengenang Tragedi Rawagede Karawang

Selasa , 11 Dec 2018, 23:21 WIB