Kamis, 5 Zulhijjah 1439 / 16 Agustus 2018

Kamis, 5 Zulhijjah 1439 / 16 Agustus 2018

Empat Rahasia Kulit Sehat ala Jepang

Rabu 01 Agustus 2018 06:50 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari

Teh hijau

Teh hijau

Foto: flickr
Kebiasaan minum teh hijau di Jepang membantu menghindari iritasi kulit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kulit yang cerah dan sehat tak selalu didapatkan dari penggunaan perawatan kulit seperti serum atau masker. Gaya hidup juga berperan penting untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan enak dipandang. Dalam kultur Jepang, ada beberapa gaya hidup sehat yang sejak berabad-abad silam dipercaya membuat kulit sehat.

Penggunaan krim perawatan wajah memang umum dilakukan di zaman sekarang. Namun mengkombinasikannya dengan gaya hidup sehat ala Jepang bisa membawa dampak yang lebih bagus untuk kulit. Dikutip dari Independent, inilah rahasia kulit sehat ala Jepang yang bisa Anda tiru.

Onsen

Onsen adalah kebiasaan mandi ala Jepang yang biasa dilakukan saat musim semi. Mandi dengan metode onsen diyakini mampu merawat keindahan dan kesehatan kulit. Mengapa demikian? Ini karena mandi onsen bukan hanya menggunakan air biasa. Akan tetapi, air yang digunakan harus pada suhu tertentu dan mengandung mineral-mineral alami.

Air yang mengandung sodium bikarbonat dikenal mampu menghaluskan kulit. Sebuah studi juga menyebut onsen juga dapat mengurangi iritasi pada kulit seperti eczema dan psoriasis. Apabila anda berkesempatan ke Negeri Sakura, ada baiknya mencoba onsen di Pulau Kyushu. Pulau ini dikenal sebagai tempat onsen dengan kualitas air yang paling baik.

Baca juga: Lima Makanan Pengusir Jerawat

Rumput laut

Jepang dikenal dengan pola makan yang sehat karena selalu menyertakan ikan dan sayuran. Salah satu unsur yang tak kalah penting dalam menu makan ala Jepang yaitu wakame. Wakame adalah rumput laut yang kaya akan antioksidan, protein, kalsium, zat besi, potasium, folat, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan vitamin B2.

Mengonsumsi wakame secara teratur juga dapat berfungsi sebagai anti penuaan. Sehingga, kulit terlihat segar dan sehat lebih lama. Dikutip dari Eat Algae, wakame memghambat enzim hyaluronidase agar tidak menyerang asam hyaluronic di tubuh. Dengan demikian kulit mempertahankan elastisitasnya lebih lama.

Teh hijau

Teh hijau semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Masyarakat Jepang telah mengonsumsi teh hijau sejak berabad silam sehingga mereka terhindar dari aneka masalah kulit. Teh hijau memang dikenal sebagai minuman yang tinggi antioksidan. Oleh karena itu, bahan ini tak jarang menjadi salah satu bahan krim perawatan kulit. Riset menyebut teh hijau bisa mencegah jerawat, kanker kulit, dan menyembuhkan iritasi kulit.

Tabir surya

Di Jepang, tingkat kecantikan yang ideal salah satunya diukur dari kecerahan warna kulit. Semakin cerah atau putih warna kulit, maka seorang wanita Jepang dipandang semakin cantik. Oleh karena itu, kaum hawa Jepang sebisa mungkin menghindari sengatan matahari yang bisa membuat kulit semakin coklat.

Kendati 'trik berjualan' kulit putih masih menjadi kontroversi di industri kecantikan, namun anda pun bisa meniru cara masyarakat Jepang menjaga kecerahan kulit. Gunakan tabir surya setoap anda akan beraktivitas di luar ruangan. Krim tersebut selain menjaga kecerahan kulit juga mampu meminimalkan risiko kanker kulit.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Jembatan Rubuh di Italia, Puluhan Tewas

Rabu , 15 Agustus 2018, 23:34 WIB