Minggu, 8 Zulhijjah 1439 / 19 Agustus 2018

Minggu, 8 Zulhijjah 1439 / 19 Agustus 2018

Rahasia Manusia Tertua di Eropa Hidup Hingga Usia 116 Tahun

Senin 16 Juli 2018 06:32 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolanda

Giuseppina Projetto

Giuseppina Projetto

Foto: Grand Voyage Italy
Mereka mengonsumsi coklat dan menghindari alkohol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pekan lalu, manusia tertua di Eropa baru saja meninggal dunia di usia 116 tahun. Giuseppina Projetto hidup di Italia sejak kelahirannya pada 1902. Projetto merupakan manusia tertua nomor dua hingga kematiannya pada 6 Juli lalu.

Dikenal dengan panggilan 'nonna dari Italia', Projetto diketahui hampir setiap hari mengonsumsi coklat. Banyak yang menduga, inilah yang menjadi rahasia Projetto bisa berumur panjang hingga 116 tahun.

Selain Projetto, dilansir Travel and Leisure, kini ada satu lagi perempuan tertua yang hidup di Italia. Maria Giuseppa Robucci mendapat peringkat kedua tertua di Italia dan ketiga di dunia setelah Projetto.

Robucci saat ini berusia 116 tahun dan hidup du Sardinia. Pada 2015, Robucci mendapatkan gelar wali kota tertua ketika dia dipilih secara terhotmat menjadi wali kota di kota tempat tinggalnya, Poggio Imperiale.

Berbeda dengan Projetto, rahasia Robucci bisa berumur panjang karena menghindari beberapa kebiasaan buruk. Robucci mengaku tidak pernah mengonsumsi alkohol dan rokok meskipun dia bersama suami mengelola sebuah bar. 

Robucci memiliki lima anak, sembilan cucu dan 16 cicit. Selain tidak mengonsumsi alkohol dan rokok, Robucci juga mengaku lebih suka mengonsumsi roti dan tomat.

Jika manusia tertua kedua dan ketiga di dunia berasal berasal dari Italia, manusia tertua pertama di dunia saat ini yaitu Chyho Miyako berasal dari Jepang. Usia Miyako hanya terpaut satu tahun dari Projetto dan Robucci yaitu 117 tahun.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES