Wednesday, 12 Rabiul Akhir 1440 / 19 December 2018

Wednesday, 12 Rabiul Akhir 1440 / 19 December 2018

Menyehatkan, Begini 5 Langkah Seduh Kopi Hitam yang Nikmat

Ahad 01 Jul 2018 05:16 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Israr Itah

Barista menyeduh kopi di kedai kopi.

Barista menyeduh kopi di kedai kopi.

Foto: wikipedia
Indonesia juga memiliki beragam pilihan biji kopi lokal dengan cita rasa yang kaya.

REPUBLIKA.CO.ID, Beragam penelitian telah menunjukkan bahwa kopi memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Beberapa di antaranya, menurunkan risiko diabetes tipe 2, menurunkan kejadian penyakit Parkinson, hingga menekan risiko penyakit jantung.

Manfaat-manfaat kesehatan ini dapat diraih dengan lebih optimal jika kopi disajikan tanpa tambahan selain air putih. Sayangnya, menikmati kopi tanpa campuran gula maupun krimer masih menjadi hal yang kurang diminati sebagian besar orang di Indonesia.

"Kalau mau kopi sehat memang kopi hitam, kopi hitam yang dari biji kopi, digiling, kemudian diseduh," terang Penggagas Gerakan Kopi Persahabatan Lukas Christian dalam talkshow bersama Kokopi di Asian Agriculture and Food Festival 2018 di JCC, Sabtu (30/6).

Selain menyehatkan, Indonesia juga memiliki beragam pilihan biji kopi lokal dengan cita rasa yang kaya. Tak seperti di beberapa negara lain, Indonesia memiliki semua jenis biji kopi yaitu arabika, robusta, liberika dan excelsa.

Selain itu, Indonesia juga memiliki sekitar 10 ribu desa penghasil kopi. Tiap desa menghasilkan cita rasa kopi yang berbeda. Sebab, cita rasa kopi sangat dipengaruhi oleh kondisi tanah, cuaca, dan tanaman pelindung.

"Jadi di Indonesia, Anda nggak suka (kopi) yang ini, masih ada banyak pilihan lain," lanjut Lukas.

Jika sebagian orang belum familiar dengan cita rasa kopi hitam tanpa tambahan gula atau krimer, penulis skenario sekaligus penikmat kopi Endik Koeswoyo turut berbagi tips. Endik mengungkapkan kopi bisa mengeluarkan cita rasa yang nikmat jika diseduh dengan benar.

"Bagaimana membuat kopi yang enak itu ada rahasianya," ungkap Endik.

Endik mengungkapkan setidaknya ada lima langkah yang dapat dilakukan untuk membuat secangkir kopi hitam yang nikmat. Berikut ini adalah kelima langkah tersebut:

Siapkan biji kopi dan alat grinder

Beli biji kopi yang sudah di-roasting dari toko kopi terdekat. Sebelum membeli, konsultasi terlebih dahulu dengan barista atau penjual agar mendapatkan kopi terbaik sesuai selera. Selain biji kopi, siapkan alat grinder atau penggiling kopi berukuran kecil di rumah.

Giling biji kopi sendiri

Giling sendiri biji kopi yang ingin diminum dengan alat grinder, kurang lebih 10-15 buah biji kopi. Masukkan biji kopi yang sudah digiling hingga berbentuk bubuk ke dalam gelas.

Teknik merebus air

Rebus air putih hingga mendidih. Setelah air mendidih, diamkan air terlebih dahulu sekitar lima menit. Jangan langsung masukkan air yang mendidih ke dalam gelas berisi bubuk kopi.

Teknik menuang air

Kenikmatan secangkir kopi hitam juga bergantung pada teknik menuang air. Endik mengatakan air mendidih yang sudah didiamkan selama lima menit harus dituang perlahan-lahan ke dalam gelas berisi bubuk kopi. Tuang air hingga memenuhi setengah bagian gelas.

"Pelan-pelan, biar asamnya dan gas-gasnya itu keluar, menguap dulu," ungkap Endik. Setelah itu, diamkan gelas sekitar 15 detik.

Tidak langsung diaduk

Langkah selanjutnya, tuangkan kembali air ke dalam gelas hingga gelas terisi penuh dan diamkan dulu gelas untuk beberapa saat. Rasio perbandingan kopi yang ideal adalah 1:15, artinya 1 gram kopi per 15 ml air. 

"Jangan langsung diaduk, rahasianya di situ," kata Endik. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA