Senin, 3 Zulqaidah 1439 / 16 Juli 2018

Senin, 3 Zulqaidah 1439 / 16 Juli 2018

Nutrisi Penting Pendukung Cantik Alami

Rabu 30 Mei 2018 16:06 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari

Alpukat, salah satu bahan alami untuk menjaga kesehatan kulit.

Alpukat, salah satu bahan alami untuk menjaga kesehatan kulit.

Foto: dok Republika
Ketika kulit sedang bermasalah jangan buru-buru mencari solusinya dari obat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jangan buru-buru mencari produk kimiawi untuk sejumlah masalah pada kulit, kuku, atau rambut. Sederet problem kecantikan itu sebenarnya bisa diatasi dengan nutrisi penting yang terkandung dalam makanan alami sebagai berikut.

Berjerawat banyak

Breakout adalah munculnya banyak jerawat di area wajah tertentu akibat stres, perubahan hormon, atau iritasi kulit. Untuk mengatasinya, makanlah biji labu, bawang putih, kacang arab, atau ekstrak biji semangka yang punya banyak zinc alias kandungan seng.

Kuku rapuh

Kuku yang rapuh tidak hanya kurang sedap dipandang, tetapi juga dapat memicu masalah kesehatan lain. Nutrisi penting yang perlu dikonsumsi untuk mengatasi masalah tersebut adalah biotin atau B7.

Baca juga: Rahasia Maudy Koesnadi Jaga Kecantikan Kulitnya

Kandungan itu membantu mengembalikan kesehatan kuku sekaligus mengatur metabolisme asam lemak. Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi antara lain kuning telur, daging sapi, salmon, alpukat, almond, kacang polong, dan susu.

Rambut kusam

Rambut yang terlihat kusam dan lepek adalah tanda tubuh kekurangan Omega-3. Dapatkan nutrisi itu dengan mengonsumsi biji chia, semangkuk acai, atau menambahkan jenis ikan berminyak seperti salmon dalam menu harian.

Penuaan

Untuk melawan tanda-tanda penuaan, tidak perlu menuju toko untuk mencari masker dan serum mahal. Coba cara sehat dengan meningkatkan dosis vitamin K yang bisa didapat dari sayuran hasil laktofermentasi, sauerkraut, miso, natto, dan kefir.

Stres

Asam pantotenat atau vitamin B5 menjadi nutrisi vital untuk menurunkan level stres. Untungnya, nutrisi ini mudah didapatkan pada kuning telur, gandum utuh, brokoli, jamur, alpukat, ubi jalar, hati, ikan, dan ayam, dikutip dari laman Daily Mail.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES