Jumat, 8 Rabiul Awwal 1440 / 16 November 2018

Jumat, 8 Rabiul Awwal 1440 / 16 November 2018

Tips Jauhkan Stres Saat Puasa dengan Teknik Pernapasan

Sabtu 26 Mei 2018 13:50 WIB

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Yudha Manggala P Putra

Renggangkan tubuh dengan mempraktikkan beberapa posisi yoga di kantor.

Renggangkan tubuh dengan mempraktikkan beberapa posisi yoga di kantor.

Foto: delhiplanet
Peregangan dan latihan pernapasan dapat menjaga saraf tetap tenang dan relaks.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Tetap tenang namun aktif di tempat kerja dalam kondisi perut kosong merupakan salah satu tantangan terbesar bagi umat Muslim yang berpuasa. Untuk mengantisipasi ini, instruktur yoga dari Dubai, Gokul Ram memberikan satu trik, yakni latihan pernapasan dan peregangan. Cara ini mampu menjaga saraf tetap tenang dan relaks.

Latihan pernapasan merupakan teknik paling mudah dan efektif dalam yoga untuk mengurangi tingkat stres. "Jika kita memulai hari dengan beberapa latihan pernapasan sederhana, itu akan membantu kita mengelola stres di tempat kerja secara lebih efektif," tutur Ram seperti dilansir di Khaleej Times, Sabtu (26/5).

Ram menganjurkan, umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa untuk memulai hari dengan tiga sampai lima menit Kriyas atau set teknik pernapasan. Misalnya Kabalbhati atau Bhastrika yang mampu membantu membersihkan tubuh dan pikiran.

Kriya mampu menciptakan lebih banyak ruang di paru-paru dengan membuang kotoran dan mempersiapkan paru-paru untuk Pranayama, latihan untuk nafas. 'Pran' berarti nafas dan ayam bermakna olahraga. "Pranayama akan langsung meningkatkan suplai oksigen dalam sistem tubuh dan otak akan berfungsi lebih baik. Di tempat kerja, proses berpikir kita akan bekerja secara maksimal," ujar Ram.

Teknik ketiga yang disarakan Ram adalah Bandha yang membantu keseimbangan hormonal dalam sistem endokrin. Apabila kita melakukan kombinasi ini selama 15 hingga 20 menit tiap hari pada pagi hari, kita bisa melihat perbedaannya dalam tingkat energi.

Menurut Ram, mengambil nafas dalam-dalam selama beberapa kali merupakan cara efektif untuk meredakan stres di tempat kerja. Biasanya, ketika tidak ada cukup oksigen di dalam tubuh, badan dan emosi kita tidak dapat berfungsi dengan baik. "Kita bisa buktikan, ketika berada di bawah tekanan, pola pernafasan pasti berpengaruh," ucapnya.

Ram memberikan cara yang mudah. Tutup mata sejenak dan cobalah fokus pada pernafasan. Dengan mengendalikan pernafasan, pada dasarnya seseorang akan mengambil kendali pikirannya sendiri dan membuat kita tetap tenang serta bahagia.

Ruang kantor juga bisa dimanfaatkan secara efektif untuk latihan peregangan sederhana. Peregangan akan membantu meningkatkan aliran darah dan akan segera mengurangi kelelahan. "Kita bisa tinggal duduk di kursi, lalu regangkan bahu, leher, punggung atau pergelangan tangan," kata Ram.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES