Selasa, 23 Safar 1441 / 22 Oktober 2019

Selasa, 23 Safar 1441 / 22 Oktober 2019

Kiat Mengembalikan Selera Membaca Ala Booktuber

Jumat 20 Apr 2018 22:38 WIB

Rep: MGROL102/ Red: Yudha Manggala P Putra

Membaca buku di perpustakaan (ilustrasi).

Membaca buku di perpustakaan (ilustrasi).

Foto: Republika/Prayogi
Mengembalikan mood membaca bisa dilakukan dengan berbagai cara sederhana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pehobi baca mungkin sering mendapati momen ketika selera atau mood membaca tiba-tiba mengendur atau dikenal dengan istilah reading slump. Itu adalah hal wajar. Salah satunya bisa disebabkan banyaknya aktivitas yang dikerjakan atau kesulitan menentukan buku yang ingin dibaca.

Para penyuka buku yang tergabung dalam komunitas pembahas buku di Youtube, yakni Booktube Indonesia, memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan saat mengalami kehilangan selera membaca.

"Kalau kena reading slump, biasanya nih, kita udah pasti setop membaca, nih. Udah pasti otomatis," ungkap salah satu anggota komunitas Booktube Indonesia Ayom Wratsangka  kepada Republika.co.id belum lama ini. "Salah satu cara yang bisa kita lakukan dengan menaikkan mood kita gimana caranya mau mulai membaca lagi."

Bagi Ayom mengembalikan selera baca salah satunya bisa dengan menyaksikan film yang diadaptasi dari buku. Dari situ keinginan membaca biasanya bisa muncul kembali. "Salah satunya, tuh, film yang diadaptasi dari buku. Saya keseringan menonton film," kata penyuka buku-buku sastra ini.

Sementara anggota Booktube lain, Dena mengaku biasa membaca cerita pendek untuk mengembalikan keinginan membacanya. "Baca yang ringan-ringan kaya short story. Misalnya di Webtoon atau Wattpad. Itu bantu banget," katanya.

Selain itu, bisa dengan membaca atau menyaksikan review buku dari booktuber lainnya. "Membaca review atau nonton review dari Youtube orang lain," ujar dia.

Berbeda dari yang lain, booktubers Kanaya Sophia biasa mengatasi hal ini dengan membaca komik. "Kalau lagi nggak mau baca buku yang berat-berat biasanya pilihannya baca komik," kata booktuber yang senang mengulas buku thriller di kanal Youtube-nya.

Sehingga, apapun cara yang dilakukan, hal itu masih berkaitan dengan buku. "Intinya, gimana caranya kita melakukan hal yang kita suka untuk mengembalikan mood membaca yang masih berhubungan dengan buku," kata Ayom kembali.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA