Jumat, 11 Muharram 1440 / 21 September 2018

Jumat, 11 Muharram 1440 / 21 September 2018

Perangkat Rumah yang Wajib Diganti Secara Berkala (2-Habis)

Senin 09 April 2018 09:04 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Indira Rezkisari

Handuk

Handuk

Foto: Flickr
Tumpukan bakteri hanya bisa dibersihkan dengan menggantinya yang baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga rumah Anda bersih dan higienis bukan hanya sekadar mengepel lantai  dan membersihkan kamar mandi. Sebab faktanya, ada banyak barang rumah tangga biasa yang perlu Anda ganti secara teratur.

Dari kasur hingga mesin pencuci piring perlu rutin diganti karena bakteri dapat terbentuk dengan sangat cepat ketika dibiarkan. Netmum telah menyusun daftar tanggal kedaluwarsa berbagai objek sehari-hari dan temuan mereka sangat mencerahkan, dikutip dari Independent, Senin (9/4).

Karpet

Ketika Anda berjalan di karpet Anda setiap hari, mungkin mempertimbangkan jumlah kotoran yang telah berada di dalamnya. Karpet dapat berisi segala macam bakteri dari tumpahan makanan atau sepatu kotor yang dipakai di dalam ruangan. Karpet Anda harus diganti setiap lima sampai 15 tahun.

Pencuci piring

Jika Anda menggunakan mesin pencuci piring yang sama untuk waktu yang terlalu lama, maka pada akhirnya akan berhenti membersihkan peralatan dapur. Membeli mesin pencuci piring baru adalah investasi yang layak untuk seluruh rumah tangga, itulah sebabnya mengapa Anda harus melakukannya setiap 10 hingga 15 tahun.

Wadah plastik

Bagi Anda yang membawa makan siang buatan rumahan ke tempat kerja setiap hari dalam wadah plastik yang praktis, perhatikanlah kebersihannya. Jika wadah plastik yang Anda gunakan untuk menyimpan makanan Anda memiliki goresan atau jika Anda menggunakannya ketika memanaskan makanan Anda di microwave, maka Anda bisa mengekspos makanan Anda ke racun berbahaya. Pastikan Anda mengganti wadah makanan plastik Anda setidaknya setiap enam bulan.

Panci

Memasak makanan dalam panci yang sudah tergores atau terkelupas tidak disarankan. Anda harus berusaha mengganti panci dapur Anda setidaknya setiap tiga hingga lima tahun. Karena memasak dengan panci yang telah rusak berpotensi melepaskan senyawa berbahaya dan mencemari makanan Anda.

Handuk kamar mandi

Tidak ada yang lebih menenangkan daripada membungkus diri dengan handuk yang baru dibeli yang sangat lembut. Ketika sudah tak bagus, handuk akan terasa kasar untuk disentuh. Ketika handuk Anda tidak lagi mampu menyerap air seperti dulu, ini berarti akan lebih mudah bagi bakteri untuk tumbuh di permukaannya. Cobalah mengganti handuk Anda setiap satu sampai tiga tahun.

Bantal

Jika Anda tidak mencuci bantal setidaknya setiap tiga bulan, maka Anda memaparkan wajah Anda ke banyak kotoran. ''Bantal tua yang tidak dicuci bisa mengandung sebanyak 10 persen dari beratnya di kulit , tungau mati dan debu hidup dan kotoran yang dipenuhi alergen,'' jelas The Sleep Council.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES