Thursday, 16 Jumadil Akhir 1440 / 21 February 2019

Thursday, 16 Jumadil Akhir 1440 / 21 February 2019

Perangkat Rumah yang Wajib Diganti Secara Berkala (1)

Senin 09 Apr 2018 08:54 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Indira Rezkisari

Sisir rambut

Sisir rambut

Foto: Pixabay
Tumpukan bakteri membuat sebagian barang sebaiknya diganti baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga rumah Anda bersih dan higienis bukan hanya sekadar mengepel lantai  dan membersihkan kamar mandi. Sebab faktanya, ada banyak barang rumah tangga biasa yang perlu Anda ganti secara teratur.

Dari kasur hingga mesin pencuci piring perlu rutin diganti karena bakteri dapat terbentuk dengan sangat cepat ketika dibiarkan. Netmum telah menyusun daftar tanggal kedaluwarsa berbagai objek sehari-hari dan temuan mereka sangat mencerahkan, dikutip dari Independent, Senin (9/4).

Sikat gigi

Tidak hanya menyikat gigi secara teratur dapat membersihkan gigi secara efisien. Tetapi penting juga bagi Anda untuk mengganti sikat gigi jika baru saja mengalami serangan penyakit.

''Anda harus mengganti sikat gigi atau sikat gigi elektrik setiap tiga bulan, kecuali jika terlalu sering dipakai atau dilebarkan lebih cepat daripada ini,'' kata dokter gigi Dr Ben Atkins.

Anak-anak akan sering memakai sikat gigi mereka lebih cepat daripada orang dewasa, itulah sebabnya sikat gigi mereka perlu diganti lebih cepat daripada setiap tiga bulan.

Sisir

Ketika Anda sering menyisir rambut dengan sikat yang sama, ia dapat mengambil segala macam kuman dari tempat Anda meletakkannya. Penata rambut Jamie Stevens menyarankan untuk membersihkan sikat Anda setidaknya sekali seminggu dan membeli yang baru setiap tahun.

''Bersihkan sisir Anda dengan air sabun hangat dan bersihkan semua rambut yang tersangkut di dalamnya. Kemudian semprot dengan semprotan disinfektan untuk menghilangkan kuman yang tersisa,'' jelas Jamie.

Sandal

Mungkin Anda tidak pernah berpikir tentang seberapa kotornya sandal yang digunakan. Padahal Anda harus berhati-hati dengan barang yang bersentuhan dengan kulit. Anda harus mencuci sandal Anda secara teratur untuk mengurangi risiko infeksi dan menggantinya setiap enam bulan. ''Anda harus berhati-hati tentang apa pun yang bersentuhan dengan kulit Anda,'' kata ahli kebersihan Profesor Sally Bloomfield.

Spons

Spons yang digunakan untuk membersihkan kamar mandi atau dapur harus dibuang setiap minggu. Jika Anda berpikir tentang jumlah kotoran yang menumpuk di rumah Anda, ini seharusnya tidak mengherankan.

Disinfektan rumah

Ketika berbicara soal bahan pembersih toilet atau pembersih permukaan lantai, Anda harus membelinya yang baru setiap tiga bulan. Desinfektan rumah tangga yang tidak digunakan dalam jangka waktu ini dapat menjadi tidak efektif ketika Anda akhirnya menggunakannya.

Matras

Rata-rata orang akan menghabiskan sekitar 25 tahun hidup mereka untuk tidur. Oleh karena itu, jika Anda tidak tidur di kasur yang baik, maka ini bisa memiliki efek merugikan yang bertahan lama pada kesehatan fisik Anda. Menurut The Sleep Council, Anda harus membeli kasur baru setiap delapan tahun, sehingga memberikan tubuh Anda sebanyak mungkin dukungan dan kenyamanan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA