Wednesday, 5 Zulqaidah 1439 / 18 July 2018

Wednesday, 5 Zulqaidah 1439 / 18 July 2018

Mau Dapat Uang Sambil Kuliah? Coba 5 Pekerjaan Ini

Senin 19 March 2018 05:58 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

 Sejumlah fotografer bersiap untuk mengabadikan penampakan gerhana bulan total Super Blue Blood Moon di Kawasan Ancol, Jakarta Utara, Rabu (31/1).

Sejumlah fotografer bersiap untuk mengabadikan penampakan gerhana bulan total Super Blue Blood Moon di Kawasan Ancol, Jakarta Utara, Rabu (31/1).

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Carilah pekerjaan yang sesuai kemampuan dan tidak mengganggu aktivitas kuliah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada era modern seperti ini biaya kehidupan mungkin menuntut seseorang untuk memiliki uang yang banyak. Tak dielak lagi bahwa banyak masyarakat Indonesia berlomba untuk bekerja dan bisa menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tak hanya para pekerja, bahkan anak sekolah dan mahasiswa pun mencari uang untuk membantu meringankan beban orang tua mereka dalam memenuhi kebutuhan. Deretan pekerjaan berikut ini mungkin bisa membantu Anda untuk bekerja di sela jam kuliah :

Driver Sampingan

Driver atau menjadi sopir untuk kendaraan daring memang sedang marak dilakukan oleh para mahasiswa sekarang ini. Selain tidak membutuhkan modal apa pun, hanya perlu kendaraan yang mereka gunakan sehari-hari.

Bahkan, mahasiswa yang menggunakan kendaraan roda empat sekalipun ikut menjadi driver dan bekerja sampingan untuk mengisi waktu luang mereka. Selain mudah karena mereka bermodal aplikasi dari ponsel pintar saja, pendapatan jelas dan pasar yang menggunakannya pun sangat banyak.

photo

Fotografi/ilustrasi

Fotografer

Fotografi memang sedang marak beberapa tahun ini. Perkembangan teknologi yang mendukung menjadikan banyak orang tertarik pada dunia fotografi ini. Selain itu, fotografer juga bisa dilakukan oleh para mahasiswa. Mereka yang memiliki skill sejak kuliah sering mengikuti perusahaan besar untuk menjadi fotografer paruh waktu atau bekerja hanya ada proyek.

Namun, usaha sampingan ini ternyata sukses menarik banyak mahasiswa untuk bergabung. Terutama mereka yang memiliki jurusan komunikasi dan jurnalistik yang berhubungan langsung dengan dunia potret.

photo

Memulai bisnis dan mendagangkannya secara online menjadi salah satu pilihan yang bisa dicoba untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Berbisnis

Bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk para mahasiswa. Terutama Indonesia sedang menekankan jiwa bisnis kepada generasi mudanya. Tak heran banyak mahasiswa mencoba dan berusaha untuk memulai bisnis dan menjadikan bisnis tersebut usaha sampingan.

Seperti berjualan makanan ringan, bisnis pakaian Muslim, perlengkapan gawai, dan lainnya. Bahkan, banyak yang berbisnis dengan menjual produk hasil kreativitas mereka sendiri.

Tak jarang mahasiswa yang berhasil meluncurkan produk dagangan yang akhirnya viral dan laku di pasaran. Semua orang berusaha untuk membeli dan juga mengikuti influencer tersebut. Maka, tak diragukan bisnis bisa menjadi sampingan yang berpotensi menguntungkan para mahasiswa.

Guru Online

Menjadi mahasiswa membuat Anda berada pada strata tertinggi pelajar, yakni di tingkat pelajar paling atas. Untuk itu, sangat mungkin jika bekerja menjadi guru online, di mana teknologi sudah mendukung banyak sekali cara untuk bisa belajar tanpa harus kesulitan, baik video, pelajaran yang dilakukan dengan menggunakan uraian lewat chat, maupun lainnya.

Selain mudah dan juga tidak perlu mengambil terlalu banyak jam kosong atau jam belajar Anda sebagai mahasiswa. Para orang tua menganggap bahwa mahasiswa yang mengajar masih mengingat dan masih dekat dengan pelajaran para pelajar dari SD hingga SMA. Untuk Anda yang berbakat atau bercita-cita menjadi guru pun bisa berlatih di sini.

Penerjemah

Terakhir, yakni menjadi penerjemah bahasa asing. Tentu Anda tahu banyak sekali bahan atau referensi sebuah ilmu yang berasal dari bahasa lain? Atau mungkin acara antarnegara yang mendatangkan berbagai orang dari negara lain. Maka, di sinilah Anda bisa bekerja dan mencari uang sampingan.

Sebagian dari Anda mungkin dibekali ilmu lebih dan keahlian dalam bidang bahasa, tidak hanya bahasa dasar, yakni Bahasa Indonesia. Namun, dengan adanya keahlian menguasai bidang lain akan memudahkan Anda dalam mencari pekerjaan sampingan di sektor usaha ini.

Selain kelima bidang di atas sebenarnya masih banyak lagi bidang yang bisa Anda geluti tanpa harus meninggalkan kuliah dan justru sebaliknya, bisa membantu membiayai uang perkuliahan Anda. Tak jarang tokoh atau anak muda yang berhasil di luaran sana memulainya dari mereka masih kuliah dan menjadi mahasiswa. Sambil dipelajari, mereka juga ulet untuk mencari usaha sampingan yang sesuai dengan keahlian dan juga bakat mereka.

Untuk Anda yang ingin bekerja sampingan, kenali dulu apa saja kelebihan yang ada dalam diri kalian. Jika sudah, tinggal arahkan pada jenis atau bidang pekerjaan yang sesuai dan carilah pekerjaan yang tidak mengganggu, baik kuliah maupun profesionalitas pekerjaan Anda, meskipun sekadar sampingan.

Artikel ini kerja sama Republika.co.id dan Cermati.com

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES