Rabu, 6 Syawwal 1439 / 20 Juni 2018

Rabu, 6 Syawwal 1439 / 20 Juni 2018

Cara Mudah Menangkal Flu dan Pilek

Senin 19 Februari 2018 04:28 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri

Flu

Flu

Foto: abc news
Saat gejala flu sudah mulai terasa, cobalah berkumur.

REPUBLIKA.CO.ID, Perubahan cuaca yang tak menentu membuat Anda mudah terserang flu dan pilek. Sebagai pencegahan atau pengobatan (jika Anda sudah terserang), sejumlah cara sederhana berikut bisa membantu menangkalnya, dikutip dari laman Science Alert.

- Berkumur

Saat gejala flu sudah mulai terasa, cobalah berkumur. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Preventive Medicine mengungkap berkumur bisa mencegah infeksi saluran pernapasan bagian atas yang kerap dikaitkan dengan flu dan pilek.

- Makan sup ayam

Sejumlah riset membuktikan bahwa makan sup ayam efektif menekan gejala flu. Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Chest menemukan bahwa sup ayam dapat memperlambat pergerakan neutrofil, sel darah putih yang menjadi tanda adanya infeksi akut.

- Cukup istirahat

Cukup istirahat antara tujuh sampai delapan jam semalam sangat dianjurkan. Studi tahun 2009 yang dipublikasikan di JAMA Internal Medicine membuktikan bahwa peserta yang kurang tidur lebih mudah terserang virus dibandingkan mereka yang cukup istirahat.

- Suplemen seng

Peneliti dari Harvard Medical School merekomendasikan konsumsi seng sekitar 15-25 mg sehari, baik dalam bentuk suplemen atau dari makanan alami. Seng diketahui dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menekan gejala flu dan pilek.

- Minum madu

Organisasi Kesehatan Dunia PBB menyarankan minum madu untuk pengobatan batuk dan flu. Studi Pediatri pada 2012 terhadap 300 anak yang sedang sakit menjumpai bahwa anak yang diberi 10 gram madu jelang waktu tidur menunjukkan lebih sedikit gejala batuk dibandingkan anak yang diberi plasebo.

- Konsumsi jahe

Flu terkadang membuat tubuh merasakan gejala lain seperti mual, kembung, dan gangguan pencernaan. Jika ini terjadi, konsumsi sekitar satu gram jahe saja sudah cukup untuk mengurangi gas dalam perut dan mengobati sejumlah gangguan pencernaan.

 

Baca juga: Flu Dapat Akibatkan Kematian

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA