Wednesday, 10 Jumadil Awwal 1440 / 16 January 2019

Wednesday, 10 Jumadil Awwal 1440 / 16 January 2019

Kesepian, Mblo? Intip 10 Tips Mengatasinya

Jumat 19 Jan 2018 16:11 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Hazliansyah

Ilustrasi Wanita Kesepian

Ilustrasi Wanita Kesepian

Foto: pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siapakah orang di dunia ini yang senang jika dirundung sepi? Sepertinya tak ada satu pun yang betah berlama-lama merasakan kesepian.

Kesepian tak hanya dialami oleh mereka yang belum memiliki pasangan. Perantau yang jauh dari keluarga atau orang-orang yang tidak punya teman dekat untuk bercerita juga kerap berjuang melawan rasa sendirinya.

Bukan saatnya lagi meremehkan rasa kesepian. Begitu peliknya masalah ini hingga Perdana Menteri Inggris Theresa May membuat jabatan bernama Menteri Urusan Kesepian. May menunjuk Tracey Crouch yang saat ini menjabat Menteri Junior untuk Urusan Olahraga dan Masyarakat Sipil sebagai orang yang bertugas memerangi masalah akibat kesepian di Inggris.

"Kesepian adalah realitas menyedihkan dari kehidupan modern yang memengaruhi kehidupan jutaan manusia," demikian yang dikatakan May.

Jika masalah kesepian begitu serius, bagaimanakah cara mengatasinya? Dilansir dari laman Female First, ada 10 cara yang patut dicoba untuk mengalahkan rasa sepi.

1. Jika anda tidak siap masuk ke sebuah komunitas secara langsung, tidak ada salahnya mencoba masuk komunitas daring (online). Carilah komunitas di dunia maya yang sepemikiran dengan anda dan bangunlah interaksi.

2. Gunakan bahasa tubuh yang tepat saat bertemu orang. Jika berbicara dengan orang lain, selalu lakukan kontak mata dan tersenyum. Sikap ini tidak saja membantu memperbaiki suasana hati tapi juga menciptakan interaksi positif.

3. Kadang bertemu orang baru secara langsung bukan hal yang mudah. Carilah komunitas yang menyenangkan dan santai, misalnya kelompok pecinta film. Dengan demikian perasaan tertekan karena harus bertemu orang baru bisa berkurang.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES