Friday, 8 Syawwal 1439 / 22 June 2018

Friday, 8 Syawwal 1439 / 22 June 2018

Mengatasi Rambut Rontok dengan 5 Tanaman

Kamis 11 January 2018 19:33 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Indira Rezkisari

Lidah buaya

Lidah buaya

Foto: flickr

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Rambut rontok kerap menjadi keluhan utama yang dirasakan sejumlah orang. Berbagai upaya perawatan rambut pun dilakukan demi bisa mengurangi rambut rontok. Mulai dari berbagai jenis merk sampo, hingga perawatan mahal di salon. Namun, ternyata ada sejumlah tanaman herbal yang dapat dengan mudah ditemukan, yang dapat dipakai sebagai obat untuk mengatasi rambut rontok.

Seperti dilansir Times Of India, setidaknya ada lima tanaman herbal yang bisa digunakan untuk obat pencegah dan mengobati rambut rontok. Tanaman-tanaman ini pun dapat diolah dengan mudah demi bisa mendapatkan khasiat utamanya sebagai obat untuk rambut rontok.

Lidah Buaya

Tanaman ini memang telah dikenal sejak lama sebagai salah satu tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan rambut, tidak terkecuali untuk rambut rontok. Lidah buaya dinilai bisa menyeimbangkan kadar pH di kulit kepala dan rambut. Selain itu, kandungan di lidah buaya juga dapat masuk ke dalam lapisan kulit kepala dan membantu untuk menumbuhkan rambut.

Untuk mendapatkan khasiat dari lidah buaya, Anda hanya membutuhkan tangkai dan daunnya. Tangkai dan daun tersebut tinggal ditumbuk dan diekstrak, kemudian dioleskan ke rambut Anda. Setelah itu, pijat rambut anda selama kurang lebih 20 menit dengan menggunakan ekstrak lidah buaya tersebut. Pijit rambut Anda dengan menggunakan lidah buaya, setidaknya dua kali dalam sepekan, maka Anda bisa terbebas dari rambut rontok.

Daun Mimba

Daun mimba merupakan tanaman obat yang berasal dari India. Kendati begitu, tanaman yang bisa tumbuh hingga 25 meter ini telah menyebar di beberapa kawasan Asia, termasuk Indonesia. Mimba merupakan jenis tanaman yang hidup di daerah kering dan gersang. Daunnya berwarna hijau dengan bentuk lonjong panjang dan memiliki gerigi di bagian pinggirnya.

Selama ini, daun mimba memang dikenal sebagai obat antibakteri. Daun mimba berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh dan mengusi berbagai bakteri di rambut. Sehingga kulit kepala Anda akan lebih sehat.

Untuk mendapatkan khasian dari daun mimba, Anda cukup merebus daun mimba di dalam satu panci penuh berisi air. Tunggu hingga airnya tinggal separuh dan tunggu hingga dingin. Kemudian Anda bisa mencuci rambut Anda dengan cairan daun mimba tersebut. Cuci rambut Anda dengan cairan daun mimba sekali dalam sepekan untuk bisa menghilangkan keluhan rambut rontok.

Teh Hijau

Tidak hanya bisa dinikmati sebagai minuman, teh hijau ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rambut rontok. Tidak hanya itu, teh hijau juga diyakini dapat merangsang pertumbuhan rambut. Caranya, ambil tiga kantong teh hijau dan rebus dalam tiga cangkir air. Setelah dingin, cairan teh hijau tersebut bisa digunakan pada saat mencuci rambut Anda. Mencuci rambut dengan teh hijau dua kali dalam sepekan dnilai bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan gangguan rambut rontok.

Kentang

Tidak banyak orang yang tahu, jika kentang memiliki khasiat lain, terutama untuk mengatasi rambut rontok. Pasalnya, kentang dapat mengobati kekurangan potasium, yang selama ini dianggap sebagai salah satu penyebab munculnya gangguan rambut rontok.

Setelah kulitnya dikupas, kentang tersebut bisa Anda jus atau dihaluskan. Setelah itu, tambahkan satu sendok teh madu di dalam jus kentang tersebut. Kemudian, usapkan jus kentang tersebut secara merata di rambut Anda, dan diamkan selama 15 menit. Setelah selesai, cuci rambut Anda dengan menggunakan sampo. Untuk bisa mengatasi rambut rontok, maka Anda dapat menerapkan cara ini setidaknya sekali dalam sepekan.

Ketumbar

Ketumbar ternyata bisa membuat rambut lebih sehat, terutama untuk merangsang pertumbuhan rambut. Caranya, campur daun ketumbar dengan sedikit air dan usahakan dalam campuran tersebut cukup kental. Setelah itu, campuran tersebut dimasukan ke dalam ketumbar, yang sudah dijus sebelumnya.

Kemudian Anda bisa menyapukan seluruh jus ini di rambut Anda dengan menggunakan sisir atau langsung dengan tangan. Pijat hingga terasa ke kulit kepala. Setelah didiamkan selama setengah jam, Anda bisa mencucinya dengan sampo. Menerapkan cara ini setidaknya dua kali dalam sepekan, maka Anda akan mendapatkan rambut yang lebih tebal dan bisa mengendalikan rambut yang rontok.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA