Jumat, 8 Syawwal 1439 / 22 Juni 2018

Jumat, 8 Syawwal 1439 / 22 Juni 2018

10 Cara Mengatasi Sedih

Kamis 11 Januari 2018 10:10 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Yudha Manggala P Putra

Air mata tobat (ilustrasi).

Air mata tobat (ilustrasi).

Foto: Wordpress.com

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Orang yang sedang bersedih tak jarang menangis. Tidak semua orang menjalani hidup di bawah naungan sinar matahari dan selalu bahagia. Ada masanya mereka mengalami kesedihan mendalam dan akhirnya berurai air mata.

Mengapa Anda menangis? Anda mungkin memutar bola mata Anda saat ini, kemudian menjawab, "Ya karena sedih dong." Apa iya jawabannya sesederhana itu? Ketahuilah bahwa Anda bisa sedih karena banyak alasan.

Beberapa orang sangat sensitif, sehingga mudah menangis. Jika Anda masuk dalam kelompok ini, Anda mungkin ingin tahu bagaimana caranya berhenti menangis dan berbahagia kembali, dilansir dari Love Panky, Kamis (11/1).

1. Atasi sumber masalah

Jika Anda sangat sedih dan menangis tanpa henti, maka dipastikan Anda tengah menghadapi masalah. Tidak masalah apapun alasan Anda menangis, Anda harus mengetahui masalah itu dan mengatasinya segera.

Hanya dengan begitu Anda bisa benar-benar berhenti menangis. Jika Anda membiarkan air mata terus mengalir sampai kering sendiri, Anda hanya akan menangis karena hal sama pada waktu berbeda. Mungkin Anda menangis tadi pagi, dan mengulangnya kembali di siang atau malam hari.

2. Keluar dari situasi berbahaya

Jika Anda terus menempatkan diri sebagai pihak yang terluka, Anda bisa menangis setiap hari. Anda harus keluar dari situasi itu. Jika ada orang yang mengintimidasi Anda secara emosional, menjauhlah dari mereka.

Ini mungkin bukan hal mudah. Akan tetapi, setelah Anda lepas dari itu semua, Anda merasa jauh lebih baik dan menemukan kebahagiaan kembali.

3. Jauhi pemicu kesedihan

Jika Anda sadar ada beberapa tempat atau benda yang berpotensi membuat Anda sedih dan menangis histeris, hindari itu. Mungkin sebagian dari faktor tersebut sulit disingkirkan, namun Anda harus mengusahakannya dengan segala cara. Jika Anda selalu diingatkan akan hal-hal menyakitkan, Anda tak akan pernah dapat menyembuhkan luka dan move on.

4. Alihkan perhatian

Cara terbaik berhenti menangis adalah mengalihkan perhatian. Anda bisa menghidupkan televisi dan saluran favorit, memanggil teman, atau pergi berjalan-jalan.

Menemukan sesuatu yang bisa mengalihkan pikiran Anda dari situasi sama membantu Anda berhenti menangis. Kuncinya adalah mengalihkan perhatian dengan sesuatu yang membuat Anda harus berpikir banyak, sehingga Anda tidak bisa kembali memikirkan hal-hal yang membuat Anda menangis.

5. Bernapas dalam

Bernapas dalam-dalam bisa membantu Anda berhenti menangis. Cara ini bisa menenangkan seluruh tubuh. Jika Anda sudah muak dengan air mata, tubuh biasanya merespons perintah fight atau flight. Itu berarti adrenalin Anda dipompa bersamaan oleh jantung dan paru-paru.

6. Bersenang-senang

Diri sendiri atau orang lain bisa menghibur meski hanya sedetik. Jika Anda tahu siapa atau apa yang bisa membuat Anda tersenyum, dekati. Panggil teman Anda, menonton film bersama, berpelukan dengan hewan kesayangan. Itu bisa menghentikan air mata.

7. Ubah pola pikir

Ini memang membutuhkan banyak latihan, tapi cara ini bagus untuk berhenti menangis. Berhentilah memikirkan hal-hal yang bisa membuat Anda menangis. Jika Anda bisa mengatur ulang atau redirect pikiran, Anda bahkan bisa tidak menangis sedari awal.

8. Berpikir positif

Saat Anda menangis, otak cenderung berpikir negatif. Coba pikirkan hal-hal positif muncul dari situasi yang tengah Anda hadapi. Tidak masalah seberapa kecil, hal-hal baik bisa menembus kesedihan dan menghentikan tangisan.

9. Buat list

Buatlah daftar atau list hal-hal yang harus Anda lakukan. Ini sepertinya tak ada hubungan dengan menghentikan tangisan, tapi nyatanya cara manjur. Keluarkan selembar kertas dan tulislah, apakah itu mulai dari daftar belanja, tahapan membersihkan seisi rumah, apapun. Anda akan menjauh dari kesedihan dan mengarahkan kesedihan itu untuk tujuan lebih baik.

10. Curhat

Pergilan bertemu dengan orang yang Anda percaya, apakah itu sahabat atau keluarga. Bicarakan ke mereka semua yang Anda rasakan. Anda akan merasa mereka dapat menghibur, mendukung, bahkan dapat membantu Anda menyadari tak ada gunanya menangis lagi. Anda pun menemukan kebahagiaan kembali.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA