Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Cara Beri Kado Terindah untuk Pernikahan Sahabat

Kamis 29 Jun 2017 09:46 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani

kado

kado

Foto: flickr

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rata-rata orang menghadiri pernikahan minimal tiga kali setahun. Di Amerika Serikat, masyarakat menghabiskan setidaknya 127 dolar AS untuk membeli hadiah sebuah pernikahan, menurut data American Express. Satu dari lima orang AS tidak datang ke undangan pernikahan karena membutuhkan biaya ekstra, berdasarkan data Bankrate.com. Kabar baiknya, Anda tidak perlu menolak undangan hanya karena tak mampu membelikan hadiah untuk pasangan yang menikah.

Berikut beberapa tips memberikan hadiah terindah untuk pernikahan sahabat atau teman tanpa menyinggung perasaan mereka akibat hadiah kurang bagus atau tidak mahal, dilansir dari Moneyish, Kamis (29/6).

1. Berikan layanan pranikah

Cara terbaik memberikan hadiah terhebat tanpa mengeluarkan uang sepeserpun adalah memberikan layanan pranikah. Pakar hubungan dan etika, April Masini mengatakan jika Anda seniman grafis atau jago fotografi, Anda bisa menawari pasangan untuk dibuatkan desain undangan, atau foto pranikah. Jika Anda jago memasak, Anda bisa menawarkan pilihan menu atau membuatkan kue pengantin.

2. Personalisasikan sesuatu

Pakar ritel dan belanja untuk NerdWallet.com, Courtney Jaspersen mengatakan Anda bisa mempersonalisasikan sesuatu, seperti bingkai foto dengan mengukir nama dan tanggal pernikahan sahabat. Ini jauh lebih murah ketimbang membelinya di art shop. Pilihan lain untuk ukiran dan personalisasi adalah glassware, talenan, atau pemberat kertas.

3. Buat buku memori atau video

Anda bisa membuatkan buku memori untuk pasangan dengan menggunakan foto yang Anda ambil saat hari pernikahan mereka atau semasa mereka berpacaran. Anda bisa menggabungkan kenangan dan beberapa kutipan dalam buku kenangan tersebut. Anda juga bisa membuat video singkat dengan ponsel Anda tentang kenangan bersama sahabat yang menikah, kemudian diputar di hari pernikahan.

4. Tulis sebuah jurnal

Anda bisa membeli sebuah buku jurnal kosong dan isi dengan kisah cinta, puisi, atau kutipan inspirasional yang Anda pilih. Anda juga bisa memasukkan nasihat dan pemikiran Anda tentang perkawinan dari sejumlah teman, keluarga pasangan, dan pihak lainnya. Sahabat Anda dan pasangannya akan mengingat jurnal ini sebagai kenangan terindah melebihi apapun.

5. Beli hadiah bersama teman lain

Anda bisa bergotong royong bersama beberapa teman untuk membelikan sebuah hadiah istimewa untuk sahabat kalian yang menikah. Ini biayanya jauh lebih ringan ketimbang membeli hadiah mahal sendiri.

6. Buat buku resep masakan

Kumpulkan resep masakan yang relatif mudah untuk dimasak ulang oleh sahabat Anda atau istrinya yang akan menikah. Ini adalah jenis hadiah yang disukai banyak pasangan dan sangat membantu mereka dalam kehidupan berumah tangga.

7. Hadiah buatan tangan

Buatlah hadiah buatan tangan, seperti selimut buatan sendiri, atau bantal rajutan jika Anda seorang seniman. Jika Anda ahli berkebun, buatlah rangkaian bunga segar atau menanam pohon di belakang rumah pasangan untuk menghormatinya.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA