Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Langkah Mudah Membuka Usaha Restoran

Rabu 12 Apr 2017 10:27 WIB

Red: Indira Rezkisari

Koki di restoran.

Koki di restoran.

Foto: Republika/Raisan Al Farisi

REPUBLIKA.CO.ID, Usaha restoran adalah salah satu usaha yang bergerak di bidang kuliner dan sebagian besar usaha jenis ini memang yang paling lama bertahan di dunia bisnis. Usaha makanan memang selalu diperlukan setiap orang, terlebih yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Anda yang berencana untuk membuka usaha restoran, tentunya harus mulai memperhatikan persiapanya.

Usaha restoran juga sama seperti usaha lainnya, yang memiliki tahap awal berupa persiapan konsep dan bagaimana sistem pelayananya nanti. Yang paling utama adalah mempertahankan kualitas makanan yang dijual, serta harga yang bersaing. Pastikan pelanggan selalu merasa betah dan nyaman saat makan di restoran Anda.

Berikut ini beberapa Langkah mudah untuk membuka usaha restoran:

Tentukan Tema Restoran
Jika ingin memulai usaha restoran, tentukan tema seperti apa yang akan digunakan pada restoran tersebut. Apakah membuka restoran berkelas atau restoran biasa? Pilihan konsep restoran ini akan mempengaruhi pola masakan. Di Indonesia, mungkin restoran khas Padang dan juga khas Sunda cukup diminati. Anda lakukan pengenalan terhadap jenis masakan yang memang disukai oleh pelanggan, jika sudah tentukan konsepnya.

Pilih Lokasi Restoran
Setelah tahu konsepnya, mulai tentukan lokasi untuk restoran tersebut. Pastikan lokasi yang akan dipilih ini memang berpotensi mendatangkan banyak peminat. Coba cek apakah lokasi ini banyak dilalui pejalan kaki, apakah di sekitarnya ada banyak lokasi sekolah atau kantor. Cek juga keadaan air dan lingkungan di sekitar lokasi tersebut.

Nama Restoran
Memilih nama untuk restoran memang gampang-gampang susah. Nama mencerminkan apa yang ada di dalamnya, terlebih ini adalah sebuah jasa masakan untuk dinikmati hampir semua orang. Untuk membuat nama merek, Anda harus mengurus masalah hak cipta, trademark, lisensi, urusan hukum, hingga strategi marketingnya. Jangan lupa juga untuk tentukan logo dari restoran. Pastikan nama restoranya mudah diingat, dan gampang diucapkan.

Tulis Menu Restoran
Sekarang Anda sudah di tahap di mana harus menentukan menu restoran. Menu restoran harus menarik orang yang membacanya. Untuk semakin membuat pelanggan tertarik, jangan lupa untuk menampilkan foto masakan yang menggugah selera.

Buat Persediaan Restoran
Persediaan ini penting, karena restoran harus memiliki bahan-bahan makanan persediaan untuk dapat terus melayani pelangganya dengan maksimal. Tidak hanya bahan makanan, peralatan penting yang mendukung terciptanya masakan di restoran tersebut juga harus tersedia dengan lengkap. Buatlah aturan dan prosedur penyimpanan alat, bumbu masak dan bahan dasar masakan di dapur restoran itu.

Seleksi Staf Restoran
Restoran tentu membutuhkan beberapa pekerja yang ahli di bidangnya. Ada beberapa bagian yang harus dipegang oleh staf yang ditunjuk langsung. Pastikan mereka adalah orang yang jujur, serta pernah memiliki pengalaman di bidang yang sama sebelumnya. Training staf–staf Anda dan beritahukan pada mereka bahwa pelanggan adalah raja, sehingga pelayanan yang dilakukan harus maksimal. Beritahukan kerjasama tim dan kreativitas antar staf juga akan membuat restoran ini maju.

Maksimalkan Promosi Restoran Anda
Setelah semua langkah dijalankan, saatnya untuk berpromosi dengan maksimal. Lakukan promosi mulut ke mulut, penyebaran brosur ke kantor atau instansi sekitar, dan bila perlu lakukan juga promosi secara online lewat sosial media, dengan menampilkan foto menu masakan yang istimewa.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA