Kamis, 7 Syawwal 1439 / 21 Juni 2018

Kamis, 7 Syawwal 1439 / 21 Juni 2018

Kiat Mencari Uang Tambahan untuk Liburan

Selasa 14 Februari 2017 15:59 WIB

Red: Indira Rezkisari

Turis menikmati liburannya di Jerman.

Turis menikmati liburannya di Jerman.

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, Liburan adalah hal yang diidam-idamkan oleh setiap orang. Siapa sih yang tidak ingin liburan minimal sekali dalam setahun? Untuk mewujudkan keinginan liburan tersebut pastilah membutuhkan sejumlah uang. Karena hidup di dunia ini tidak ada yang gratisan.

Untuk bisa mewujudkan keinginan berlibur, maka banyak dari kita rela untuk melakukan berbagai jenis pekerjaan di waktu senggang yang bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. Namun mencari uang tambahan untuk liburan bukanlah hal yang mudah. Bisa dikatakan gampang-gampang susah.

Pasalnya kita semua tidak bisa mematokkan berapa dana yang harus disisihkan per bulannya untuk liburan. Apalagi banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi setiap harinya membuat pengeluaran akan semakin meningkat dan membuat kita sulit untuk menyisihkan uang untuk ditabung.

Mencari uang tambahan adalah solusi yang tepat. Uang tambahan penting dicari agar rencana liburan yang diidam-idamkan bisa terwujud. Liburan di sini sangat berperan penting untuk menyegarkan pikiran dan melepaskan kepenatan dari padatnya rutinitas sehari-hari.

Lalu langkah apakah yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan uang tambahan? Inilah cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang tambahan.

Menjual Pakaian yang tidak Terpakai

Lemari sudah penuh atau Anda memiliki banyak koleksi pakaian yang sudah tidak terpakai lagi? Jika memang koleksi pakaian sudah terlalu banyak dan sudah tak terpakai lagi, maka Anda bisa untuk menjualnya satu per satu. Selain untuk mengurangi pakaian yang ada di lemari Anda, hal ini juga berguna untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Apalagi jika koleksi pakaian Anda berasal dari beberapa barang yang dapat dikategorikan “bagus” dan “branded” maka akan mungkin jika uang tambahan yang akan diperoleh dari kegiatan ini semakin besar dan banyak.

Kerja Sambilan

Kerja sambilan adalah hal yang juga mungkin untuk dilakukan untuk memperoleh uang tambahan. Apalagi gaji dari pekerjaan tetap tidaklah cukup untuk kebutuhan liburanmu. Meja kerja sambilan perlu dilakukan. Banyak jenis kerja sambilan yang bisa dilakukan seusai tuntas melakukan pekerjaan tetap seperti menulis, ngeblog, vlogger, dan lain sebagainya. Gaji yang diperoleh dari kerja sambilan ini akan membantu keadaan keuangan Anda untuk bisa pergi berlibur.

Menyewakan Barang Pribadi

Anda memiliki kamera? Atau mobil pribadi yang menganggur di rumah? Jika “iya” maka barang-barang tersebut bisa Anda sewakan. Hasil yang didapat dari pekerjaan ini tergolong cukup besar untuk menambah uang untuk pergi berlibur!. Apalagi jika jumlah yang dimiliki lebih dari satu, tentu saja hasil yang akan didapatkan akan semakin berlipat ganda. Namun sebelum menyewakan barang pribadi, Anda harus mengenal dengan baik siapa yang akan meminjamnya. Kenali orang tersebut lewat kartu identitas yang dimilikinya. Atau bisa juga Anda lakukan dengan menahan kartu identitas yang dimiliki sebagai jaminan bahwa mereka dapat dipercayai.

Bisnis

Saat ini banyak sekali jenis bisnis yang bisa dilakukan. Mulai dari bisnis online bahkan bisnis offline sekalipun. Pilihlah jenis bisnis yang sesuai dan memiliki waktu yang fleksibel agar pekerjaan tetap yang Anda miliki tidak terganggu olehnya. Namun keduanya bisa berjalan beriringan dan berkesinambungan. Melakukan bisnis ini terbukti cukup ampuh untuk mendatangkan pundi-pundi uang. Contoh bisnis online yang bisa dilakukan adalah menjadi distributor online, menjadi penulis, menjadi desainer grafis online, dan sebagainya. Contoh bisnis offline adalah membuka warung kecil-kecilan, membuka cafe, warung internet, dan lain sebagainya.

Memanfaatkan Hobi atau Keahlian

Hobi atau kemampuan lain yang dimiliki ternyata bisa mendatangkan pundi-pundi uang yang tergolong cukup besar untuk menambah uang untuk pergi berlibur. Jika Anda termasuk orang yang pintar dalam bidang akademik, Maka bisa memanfaatkan hal tersebut dengan menawarkan diri pada beberapa bimbingan belajar dan mulai menjadi guru atau pengajar paruh waktu. Jika hobi Anda memasak atau fotografi dan hasilnya cukup memuaskan, maka tawarkan hal tersebut pada berbagai orang yang membutuhkan.

Bagi Waktu dengan Baik

Itulah lima tips atau langkah yang bisa dilakukan agar bisa mendapatkan uang tambahan. Memang untuk melakukannya tidaklah mudah, apalagi jika Anda sudah terikat pada pekerjaan tetap yang membuat Anda harus bisa membagi waktu dengan baik agar keduanya bisa berjalan dengan baik. Semoga berbagai aktivitas yang disebutkan di atas bisa membantu Anda untuk mendapatkan uang tambahan.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES