Selasa, 5 Syawwal 1439 / 19 Juni 2018

Selasa, 5 Syawwal 1439 / 19 Juni 2018

5 Buku Penting untuk Mengatur Keuangan

Senin 13 Februari 2017 10:55 WIB

Red: Indira Rezkisari

Suze Orman, perencana keuangan terkenal dari AS.

Suze Orman, perencana keuangan terkenal dari AS.

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap tahun ada ribuan buku yang diterbitkan. Buku tersebut bisa saja tentang pelajaran bagi para mahasiswa, novel, dan ada juga buku mengenai tata cara mengatur keuangan. Sebagian jenis buku yang diterbitkan bisa saja masuk ke dalam kategori best seller, sebagian lagi hanya menjadi pajangan di setiap sudut rak-rak buku, dan sisanya bisa saja akan menjadi buku yang segera dilupakan oleh banyak orang.

Buku-buku yang termasuk dalam kategori best seller biasanya memiliki daftar isi atau bacaan yang dianggap sangat baik oleh para pembaca. Jadi begitu orang selesai membaca keseluruhan isi buku, akan ada nilai atau pengetahuan yang akan didapatkan dari situ.

Jenis buku yang termasuk best seller biasanya adalah jenis novel yang bercerita tentang petualangan, romansa, sains fiksi, dan lain sebagainya. Namun perlu untuk diketahui bahwa buku tentang cara mengatur keuangan juga termasuk dalam kategori buku best seller.

Buku tentang keuangan biasanya bercerita tentang bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik dan sehat. Jenis buku tentang keuangan bisa saja diterbitkan oleh penerbit nasional maupun internasional. Buku yang diterbitkan secara internasional biasanya memiliki isi yang terbilang “sangat bagus” apalagi jika buku tersebut masuk dalam kategori best seller. Berikut adalah jenis buku terbitan internasional yang membahas tentang cara mengatur keuangan.

Suze Orman - The Money Book For The Young Fabulous and Broke

Sesuai dengan judulnya, buku ini biasanya ditujukan bagi kaum muda yang ingin mengatur keuangannya dengan baik. Dengan membaca keseluruhan dari isi buku ini, Anda bisa mengetahui apa saja yang sebenarnya dibutuhkan untuk memulai perjalanan finansial dengan baik. Mulai dari basis keuangan tentang cara membuat anggaran keuangan, bagaimana cara memilah dana darurat, dan bagaimana cara untuk bisa membeli mobil hanya dalam waktu yang relatif singkat.

Bahasa yang digunakan oleh penulis dalam buku ini juga sangat mudah dimengerti. Sehingga Anda tidak perlu lagi takut untuk mulai membacanya apalagi setelah mengetahui buku ini berbahasa Inggris. Seusai membaca seluruh isi buku, nantinya Anda bisa mengetahui apa saja yang boleh dilakukan dan apa saja yang tidak boleh dilakukan dalam mengelola keuangan pribadi.

Dave Ramsey – The Total Money Makeover

Buku ini berisi tentang bagaimana sebenarnya perencana keuangan yang perlu Anda lakukan agar terhindar dari jeratan utang. Tidak hanya itu saja, buku ini juga berisi bagaimana cara mengatur keuangan agar Anda sejahtera dalam hal finansial, apalagi jika Anda tidak tahu harus mulai mengatur keuangan dari mana maka buku ini adalah jenis buku yang sangat tepat dan direkomendasikan untuk Anda.

Jika Anda memiliki utang yang “tidak berkesudahan” maka buku ini juga akan sangat membantu. Karena akan memberikan beberapa tips bagaimana cara untuk memikirkan kembali perencanaan keuangan agar terhindar dari utang dan semua masalah yang dialami dapat terselesaikan.

Ramit Sethi – I Will Teach You to be Reach

Buku ini berisi tentang apa saja yang Anda butuhkan untuk bisa membuat perencanaan keuangan yang tepat. Buku ini berisi tentang  cara agar bisa keluar dari lilitan utang yang tidak berkesudahan, bagaimana cara mendapatkan kesejahteraan finansial, dan membahas tentang investasi.

Meskipun buku ini tidak ditujukan untuk kaum muda, tetapi kaum muda juga bisa untuk mulai membacanya karena bahasa yang digunakan juga cukup mudah untuk dipahami oleh setiap orang yang datang dari berbagai jenis kalangan. Membaca buku ini akan memberikan gambaran mengenai keuangan, dan akan mempengaruhi pola pikir bagaimana cara mengalokasikan uang dengan tepat serta akan membuat Anda semakin termotivasi untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah yang banyak.

Joe Dominguez & Vicki Robin – Your Money or Your Life

Berbeda dengan jenis buku yang sudah dibahas di atas, buku ini akan lebih fokus tentang isu-isu keuangan pribadi. Buku ini akan membahas tentang bagaimana cara menyesuaikan antara nilai kepribadian dengan pilihan finansial yang tepat. Buku ini juga tidak terlalu fokus untuk membuat Anda sejahtera dalam hal finansial. Akan tetapi buku ini cukup membantu Anda untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan dalam hidupmu dan bagaimana cara mengalokasikan sejumlah uang yang Anda miliki untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ringkasnya buku ini akan lebih mempengaruhi pola pikir Anda untuk mengalokasikan dana harian.

Robert Kiyosaki – Rich Dad Poor Dad

Isi dari buku ini tidak akan mengajarkan Anda bagaimana cara mengatur keuangan namun isinya cenderung akan memberikan pengetahuan untuk mengubah pola pikir Anda tentang keuangan. Bagaimana Anda akan melihat fungsi dan tujuan penggunaan uang sebagai alat tukar yang nantinya akan memberikan pengaruh besar bagi kehidupanmu pada masa yang akan datang.

Ayo Baca Bukunya!

Itulah lima jenis buku yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk mengatur keuangan dengan baik. Semoga wawasan Anda bertambah tentang tata cara mengatur keuangan setelah membaca salah satu dari lima jenis buku yang disebutkan di atas.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES