Minggu, 10 Syawwal 1439 / 24 Juni 2018

Minggu, 10 Syawwal 1439 / 24 Juni 2018

Tips Hemat Liburan Gaya Backpacker

Jumat 10 Februari 2017 16:21 WIB

Red: Indira Rezkisari

Turis backpacker.

Turis backpacker.

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, Menjelang liburan, banyak di antara Anda yang tentu sudah membayangkan rencana berlibur. Apalagi setelah setiap hari menjalani rutinitas kerja, tentu berlibur menjadi pilihan yang menyenangkan untuk menyegarkan fisik dan pikiran sehingga siap untuk kembali bekerja dengan lebih segar.

Namun demikian, biaya sering menjadi kendala yang menghalangi keinginan liburan. Sebenarnya hal tersebut dapat diakali dengan berbagai cara yang dapat membuat liburan Anda tetap ramah di kantong. Salah satu cara berlibur yang murah adalah dengan gaya backpacker.

Berikut tips selengkapnya untuk membantu Anda berlibur dengan hemat:

Pilih lokasi aman

Aman dalam hal ini berarti aman di kantong, yaitu tidak membutuhkan banyak biaya untuk akomodasi selama tinggal di tempat tersebut. Anda dapat memikirkan tempat di mana Anda memiliki saudara atau teman akrab. Mulailah mengontak mereka dan menyapa serta mendiskusikan keinginan untuk mengunjungi tempat tersebut. Pelajari respons dan kondisi mereka, bila memang memungkinkan maka coba ajukanlah keinginan untuk menginap di tempat mereka. Dengan demikian Anda dapat menghemat salah satu pos yang paling besar, yaitu biaya akomodasi.

Yang perlu diingat, usahakan untuk menjaga sikap dan menjaga agar segala sesuatunya tetap bersih dan rapi. Anda juga dapat membawa oleh-oleh atau produk khas daerah sebagai buah tangan.

Pilih transportasi murah meriah

Bila tempat yang dituju membutuhkan transportasi pesawat, maka Anda dapat memesan dari jauh hari untuk mendapat harga promo. Sementara bila tempat tujuan dapat dicapai dengan transportasi darat, Anda dapat mengajak teman atau keluarga untuk membawa kendaraan pribadi dan menyetir secara bergantian. Cara ini tentu lebih hemat dibanding dengan menggunakan transportasi publik. Selain itu, dengan membawa kendaraan pribadi maka perjalanan juga lebih fleksibel dan dapat meningkatkan keakraban.

Tempat wisata gratis

Cukup banyak tempat wisata menarik yang tidak memungut biaya masuk. Contohnya, Anda dapat pergi ke pantai dan menikmati pemandangan serta suasana di pantai tersebut. Atau bila membawa anak-anak dan ingin memberikan wisata pendidikan, maka dapat memilih museum. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan promo khusus di mana biasanya tempat wisata tertentu membebaskan biaya masuk untuk anak-anak.

Membawa bekal

Hal ini merupakan salah satu tips yang ampuh dan menghemat banyak dana. Anda dapat membawa makanan, minuman, serta obat-obatan yang dirasa perlu selama perjalanan Anda. Dengan demikian Anda tidak perlu banyak membeli di tempat tujuan. Apalgi di daerah wisata tertentu biasanya harga yang ditawarkan lebih mahal dibanding dengan harga di tempat umum. Bila tinggal di penginapan, carilah penginapan yang menyediakan dapur sehingga Anda juga dapat memasak makanan yang sederhana dan mengurangi biaya untuk membeli di luar.

Maksimalkan jadwal dan rute perjalanan

Untuk menghemat biaya, maka Anda harus menyusun jadwal dan rute perjalanan seefisien dan seefektif mungkin. Hal ini akan menghemat waktu sehingga dapat menghemat biaya akomodasi Anda. Selain itu, dengan mengatur rute secara tepat maka akan menghemat biaya transportasi. Siapkan peta dan GPS sehingga Anda tidak mudah tersesat dan mudah mencari tempat tujuan.

Menikmati perjalanan

Tips yang satu ini selain berguna untuk membuat Anda menjalani liburan yang menyenangkan, juga dapat membantu untuk berpikir dengan jernih sehingga dapat mencari solusi atas berbagai kendala yang ada, termasuk kendala biaya. Mungkin dengan melakukan penghematan, perjalanan Anda sedikit repot atau melelahkan, tapi bila Anda menikmatinya maka hal itu tidak begitu terasa.

Demikian tips-tips sederhana untuk menghemat biaya berlibur, tentu Anda juga dapat mencari referensi atau masukan lain dari teman atau keluarga mengenai cara untuk dapat menghemat dana liburan.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Ketika Belgia Benamkan Tunisia

Ahad , 24 Juni 2018, 11:38 WIB