Sunday, 16 Sya'ban 1440 / 21 April 2019

Sunday, 16 Sya'ban 1440 / 21 April 2019

Tips Kelola Keuangan dari 7 Orang Terkaya di Dunia

Selasa 29 Nov 2016 14:49 WIB

Red: Indira Rezkisari

Carlos Slim

Carlos Slim

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, Menjadi kaya memang menyenangkan, tidak terlibat kesulitan finansial, tidak perlu pusing jika membutuhkan hal-hal mendesak yang berkaitan dengan uang. Tetapi bukan berarti mereka tidak pernah merasa pusing atas keberkahan mereka.

Menjadi orang kaya membutuhkan sikap yang bijak dan pemikiran yang panjang. Bagaimana mengelola, bagaimana membayarkan kewajiban dan memenuhi hak, serta memisahkan antara kebutuhan dan keinginan yang bisa membayar mereka menjadi bangkrut.

Berikut tips mengelola keuangan dari orang terkaya di dunia yang bisa Anda ikuti tentunya.

Warren Buffett

Dunia perekonomian pasti tahu dan mengenal tokoh sukses dan termasuk orang terkaya di dunia ini. Waren merupakan investor, pengusaha dan pebisnis sukses. Di usianya yang sekarang banyak sekali pengalaman yang bisa didapatkan. Cara mengelola uang andalan Buffett adalah tidak menghamburkan uang untuk hal yang tidak perlu. Habiskan untuk kebutuhan namun tidak untuk keinginan. Bahkan sebagai orang terkaya hal tersebut tidak membuatnya pindah dari rumah yang sudah lama ia tempat di Nebraska. Menurutnya tidak ada alasan spesifik untuk pindah dari rumah miliknya hanya karena ia kaya.

 

Carlos Slim Helu

Carlos merupakan orang terkaya asal Meksiko yang dinobatkan sebagai pria kaya tepat setelah Bill Gates. Dengan santainya ia berkata bahwa keberhasilannya merupakan hasil dari menabung sejak awal. Carlos mengatakan bahwa berusahalah menabung dengan uang atau nominal yang paling kecil. Hal tersebut bukan menanam kekayaan, tetapi menanam kebiasaan untuk membawa Anda menjadi kaya. Carlos sendiri masih melakukan hal tersebut meskipun sudah dikatakan orang terkaya di dunia.

Bill Gates

Jika banyak orang melarang melakukan kesalahan maka Bill Gates berbeda. Ia justru sukses dari sebuah perilaku alami manusia yakni melakukan kesalahan. Ia memilih untuk bekerja dan bergiat untuk menciptakan sesuatu setelah pendidikannya terbengkalai begitu saja dan menemukan Microsoft. Tentunya semua tahu bahwa data komputer tersebut awalnya ditolak mentah-mentah, namun akhirnya berhasil mentahtai dunia hingga saat ini. Bill Gates selalu mengatakan “Silahkan jika ingin merayakan kesuksesan, namun hal yang lebih penting adalah belajar dari kegagalan” maka anda boleh melakukan kesalahan dalam mengelola uang, namun jadikan hal tersebut pelajaran.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia  

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA